Jakarta (ANTARA News) - Untuk menghadapi turnamen Al-Nakbah International Tournament di Pelastina 13-23 Mei nanti, PSSI memanggil sembilan pemain nasional yang selama ini memperkuat tim asing. Tim PSSI nanti akan penuh bintang sepakbola nasional.

Koordinator Timnas PSSI, Bob Hippy, di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Jumat, ada sembilan pemain yang dipanggil untuk memperkuat Tim Nasional senior termasuk dua pemain naturalisasi.

"Selain pemain yang bertandingan diluar negeri, kami juga memanggil pemain di kompetisi Indonesia Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL)," katanya.

Menurut dia, sembilan pemain yang dipanggil untuk memperkuat timnas adalah Syafarrizal Mursalim Agri (Al Khor Qatar), Syamsir Alam, Moh. Zainal Haq, Yericho Cristiantoko dan Alfin Tuasalamony dari Visse Belgia, Artur Irawan (Espanyol B) serta dua naturalisasi Stefano Lilipaly (Utrecht Belanda) dan Toni Cussel.

Selain itu PSSI juga memanggil pemain ISL yaitu Ferry Rotinsulu, Firman Utina dan M Ridwan dari Sriwijaya FC, Zulkifly Syukur, M Nasuha dan M Ridwan dari Persib, Ricardo Salampessy, Boas Salossa dan Titus Bonai dari Persipura, Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Patrich Wanggai (Persidafon) serta Bambang Pamungkas (Persija).

Untuk pemain IPL, PSSI memanggil 24 pemain yaitu Jandia Eka Putra, Hengki Ardiles, Abdul Rahman, Vendry Mofu, Ferdinand A Sinaga dan Yosua Pahabol dari Semen Padang, Hendra Prasetya, Taufiq dan Rendi Irawan dari Persebaya, Kim Jeffery Kurniawan dan Irfan Bachdim dari Persema.

Selanjunya Danan Wihatmoko (Persijap), Hendra Bayauw (Persija), Gunawan Dwi Cahyo (Arema), Syamsuk Chaerudin (PSM), Nur Iskandar (Persibo), Handi Ramdhan (Persija), Wahyu Wijiastanto (Persiba), Samsul Arif (Persibo), Legimin Raharjo (Arema), Musawir (Persiraja), Jecky Pasarella (PSMS), Jajang Paliama (Persibo) dan Satrio Syam (PSM).

"Untuk memilih pemain ini kami melibatkan semua jajaran pelatih. Jadi tidak asal pilih," kata pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI ini.

Tim Nasional senior ini akan dilatih Nil Maizar dengan asisten pelatih Fabio Oliveira. Duet pelatih ini diharapkan mampu membangun timnas sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan jadwal 45 pemain yang dipanggil ini akan menjalani seleksi mulai 16-22 April di Bantul Yogyakarta. Pemain yang lolos seleksi selanjutnya menjalani pemusatan latihan mulai 22 April hingga 10 Mei atau satu hari menjelang keberangkatan ke Palestina.

Sementara itu manager timnas senior, Kodrat mengaku surat panggilan bagi pemain yang akan menjalani seleksi timnas saat ini telah dikirimkan. Pihaknya berharap semua pemain yang dipanggil bisa menghadiri undangan PSSI. (*)