Sabtu, 20 Desember 2014

Pacagempa 6 SR, Bupati Pandeglang pantau Ujung Kulon

| 1.381 Views
id Gempa, Gempa Pandeglang, Gempa Banten
Pacagempa 6 SR, Bupati Pandeglang pantau Ujung Kulon
Peta lokasi gempa yang terasakan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. (bmkg.go.id)
"Sampai saat ini saya belum menerima laporan dampak dari gempa tersebut."
Pandeglang (ANTARA News) - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memantau pesisir Pantai Ujung Kulon paskagempa 6,0 pada skala richter (SR) pukul 02.26 WIB.

"Sampai saat ini saya belum menerima laporan dampak dari gempa tersebut, baik korban atau kerusakan, dan saya sudah mintan BPBD untuk terus memantau," kata Erwan Kurtubi ketika dikonfirmasi di Pandeglang, Minggu.

Ia juga meminta masyarakat di pesisir pantai tersebut untuk waspada khawatir terjadi gempa susulan, sekalipun tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

"Kita minta warga waspada, tapi tetap beraktivitas, jangan sampai karena takut tidak melakukan apapun," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang, Rifa`i, saat dikonfirmasi secara terpisah, juga mengaku belum menerima laporan adanya korban ataupun kerusakan akibat gempa tersebut.

"Saya sudah kontak berbagai pihak terkait di Kecamatan Sumur, namun sementara ini memang belum ada kerusakan ataupun korban," katanya.

Ia juga mengaku, sampai saat ini masih siaga dan siap memberikan bantuan jika memang dibutuhkan.

Gempa berkekuatan 6,0 SR mengguncang pesisir Pantai Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang pada pukul 02.26 WIB.

Analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Serang Halim Perdanakusuma menjelaskan, gempa tersebut terjadi dekat Pulau Deli, dengan episentrum 7,17 lintang selatan dan 1,05 bujur timur, dengan pusat di 95 km barat daya Pandeglang berkedalaman 10 km. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga