Sabtu, 20 Desember 2014

Mendikbud: jangan percayai bocoran UN

| 1.090 Views
id ujian nasional, nilai un, pelaksanaan un, penjagaan naskah unujian nasional, nilai un, pelaksanaan un
Mendikbud: jangan percayai bocoran UN
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh (FOTO ANTARA)
Boleh membuat target harus lulus, semua ingin lulus tapi yang penting tidak boleh menyimpang dari jalur"
Tangerang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengimbau peserta Ujian Nasional agar tidak mempercayai bocoran-bocoran soal ujian yang beredar.

"Tidak perlu percaya dengan bocoran yang beredar," kata M Nuh saat sidak persiapan Ujian Nasional di Tangerang Selatan, hari ini.

M Nuh sidak di rayon Tangerang Selatan di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan dan melihat lokasi ujian di SMAN 1 Ciputat, Tangerang Selatan.

Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) akan dilaksanakan empat hari sejak Senin, 16 April, hingga 19 April 2012.

Menteri mengatakan, ada empat kerugian jika siswa mempercayai bocoran soal. Pertama, kehilangan konsentrasi untuk belajar, kehilangan kepercayaan diri, kehilangan finansial dan kehilangan harga diri.

"Boleh membuat target harus lulus, semua ingin lulus tapi yang penting tidak boleh menyimpang dari jalur," tambah dia.

Lebih lanjut M Nuh mengatakan, salah satu hal yang juga penting yaitu pada saat mengumpulkan lembar jawaban harus dikawal jangan sampai "transit" kemana-mana dan disegel lalu dikirim sehingga menjamin tidak terjadinya kecurangan.

"Saya rasa semangatnya sekarang agak beda. Sekarang jujur dan berprestasi relatif bagus dan bukan jamannya lagi tidak jujur," ujar M Nuh.

Menteri juga mengatakan, persiapan pelaksanaan Ujian Nasional berjalan lancar terutama pendistribusian soal yang saat ini semua sudah berada di rayon sehingga siap didistribusikan ke sekolah-sekolah.
(D016)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga