Jumat, 19 Desember 2014

Siswa peserta UN meninggal karena sakit

| 1.360 Views
id ujian nasional, nilai un, pelaksanaan un, siswa meninggal dunia
Medan (ANTARA News) - Hendikus Hia, seorang siswa peserta ujian nasional di SMK BNKP Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara, meninggal dunia saat mengikuti ujian hari pertama, 16 April 2012, karena sakit.

"Dia meninggal karena sakit bukan karena sedang mengikuti UN. Sewaktu pergi ke sekolah saat akan ikut ujian dia memang sudah dalam kondisi tidak sehat," kata Ketua Panitia UN Dinas Pendidikan Sumatera Utara Hendri Siregar di Medan Selasa.

Ia menceritakan berdasarkan laporan yang diterima dari pihak sekolah, Hendikus memang sudah lama menderita sakit paru-paru basah dan lever. Bahkan orangtuanya sempat melarangnya untuk ikut ujian karena kondisinya yang lemah.

Namun karena semangatnya Hendikus tetap bersikeras dan akhirnya keluarganya mengatarnya untuk ikut ujian ke sekolah. Namun, setibanya di sekolah Hendikus sudah terlihat lemas.

Melihat kondisi korban yang lemas, keluarga dan pihak sekolah lalu membawanya ke puskesmas terekat untuk mendapat perawatan, namun hanya sebentar dirawat Hendikus pun menghembuskan napas terakhirnya.

"Jadi, bukan karena UN dia meninggalnya, memang dia sudah sakit sebelumnya. Kata keluarganya sudah lima tahun dia mengidap penyakit itu. Kami juga sudah menyampaikan kondis itu ke Mendiknas danpak M Nuh juga turut menyampaikan rasa duka citanya," katanya.

Sementara pada bagian lain ketika ditanya mengenai pelaksanaan UN hari kedua di Sumut, ia mengatakan pada umumnya masih berjalan dengan baik dan normal, meski terjadi beberapa sekolah yang mengalami kekurangan naskah soal ujian.

"Tetapi itu sudah bisa diselesaikan dengan cepat, karena sesuai dengan SOP UN, kekurangan soal bisa diantisipasi dengan memfotokopinya, namun tentunya tetap dengan pengawasan pengawas," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga