Sabtu, 20 Desember 2014

Presiden Myanmar mulai kunjungan ke Jepang, hadiri KTT Mekong-Jepang

| 1.433 Views
id myanmar, u thein sein, mekong-jepang
Presiden Myanmar mulai kunjungan ke Jepang, hadiri KTT Mekong-Jepang
Presiden Myanmar Thein Sein (FOTO ANTARA/REUTERS/Soe Zeya Tun)
Yangon (ANTARA News) - Presiden Myanmar U Thein Sein pada Kamis meninggalkan Nay Pyi Taw untuk memulai kunjungan resmi lima hari ke Jepang dimana ia juga akan menghadiri KTT Mekong-Jepang ke-empat, kata radio dan televisi yang dikelola negara.

Seperti kunjungan pertamanya ke Jepang 28 tahun lalu sebagai presiden Myanmar, Thein Sein akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda dan diperkirakan akan membahas masalah dimulainya kembali bantuan Jepang untuk Myanmar, lapor Xinhua.

Menurut sumber-sumber diplomatik, Jepang mungkin akan melepaskan 300 miliar yen (3,7 miliar dolar) hutang Myanmar dan berencana untuk melanjutkan bantuan yang ditangguhkan kepada negara itu.

Thein Sein juga akan bertemu dengan menteri luar negeri dan ekonomi Jepang, serta para pengusaha dalam upaya meningkatkan kerja sama ekonomi.

Kehadiran Thein Sein di KTT Mekong-Jepang adalah yang kedua kalinya, sementara kehadiran pertamanya pada pertemuan puncak terakhir digelar di Indonesia.

Myanmar dan Jepang telah membuka hubungan baru antara kedua negara menyusul kunjungan resmi ke Nay Pyi Taw oleh Menteri Luar Negeri Jepang Koichiro Gemba yang datang ke Myanmar pada akhir Desember 2011, untuk pertama kalinya sejak 2002.

Menurut data, Jepang menyuntikkan dana total 214,9 juta dolar AS pada November 2011 sejak tahun 1988, atau menempati peringkat ke-12 investor asing yang menanamkan modalnya di Myanmar. (AK)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga