Jumat, 24 Oktober 2014

KemenPAN: kuota PNS 60 ribu orang

| 1.993 Views
id kemenPAN, azwar abubakar, kuota PNS
KemenPAN: kuota PNS 60 ribu orang
Menteri Pemberdayaan Aparatus Negara Azwar Abubakar (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)
Terkait dengan kebijakan moratorium PNS yang diberlakukan sampai akhir tahun ini, hal itu masih berjalan, namun kami memberikan catatan pengecualian sebanyak 60 ribu.
Denpasar (ANTARA News) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) menyediakan kuota penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) reguler pada tahun 2012 sebanyak 60 ribu orang.

"Kuota itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pegawai yang benar-benar dibutuhkan secara khusus, seperti tenaga medis dan pengajar," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar dalam pertemuan anggota Badan Pemeriksa Keuangan dengan Wali Kota/Bupati seluruh Bali dan Nusa Tenggara, di Denpasar, Jumat.

MenPAN mengatakan, jumlah tersebut sepertiga dari kuota yang disiapkan beberapa waktu lalu, di mana sebanyak 20 ribu orang untuk di tingkat pusat.

Oleh karena itu, tambah Azwar, pihaknya memberikan kesempatan kabupaten/kota mengajukan kebutuhan pegawai seusai analisanya.

Azwar menjelaskan, setiap kabupaten/kota akan disiapkan tenaga analis jabatan untuk menentukan kebutuhan di wilayah tersebut.

Masih kata MenPAN, alasan disiapkan kuota sebanyak itu karena adanya pegawai yang akan pensiun sebanyak 120 ribu orang, tapi untuk menutupinya hanya dibutuhkan setengahnya saja dari PNS baru.

"Terkait dengan kebijakan moratorium PNS yang diberlakukan sampai akhir tahun ini, hal itu masih berjalan, namun kami memberikan catatan pengecualian sebanyak 60 ribu," katanya.
(KR-IGT)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga