Selasa, 29 Juli 2014

280 film diputar di Festival Film Beijing

Selasa, 24 April 2012 06:50 WIB | 1.544 Views
Beijing (ANTARA News) - Sebanyak 280 judul film lokal dan mancanegara akan diputar di Festival Film Internasional Kedua Beijing yang berlangsung 23-28 April 2012.

Pembukaan perhelatan insan film Negeri Tirai Bambu itu digelar di China National Convention Center, Beijing, Senin malam.

Festival Film Internasional Beijing akan menyeleksi 260 judul film lokal dan 20 film mancanegara termasuk satu judul film Indonesia "The Mirror Never Lies" garapan sutradara Kamila Andini.

Cuplikan ke-280 film itu ditampilkan sebagian di sebuah tiga layar lebar diiringi dengan tarian yang dibawakan penari, yang menggambarkan asal film tersebut.

Wakil Menteri Administrasi Radio, Film dan Televisi China Li Wei mengatakan film merupakan media budaya yang dapat mempersatukan seluruh masyarakat dari berbagai bangsa.

"Film telah mempersatukan kita dalam `event` ini kita bisa bersama disini," katanya dalam pembukaan perhelatan itu.

Wei mengatakan sebagai bagian dari dunia, perfilman China telah berhasil menampilkan dan menjadi saksi berkembangnya karateristik, budaya Negeri Tirai Bambu.

"Satu sama lain, unsur kebudayaan saling melengkapi memberikan kontribusi positif bagui perkembangan kebudayaan global," katanya menambahkan.

Wei mengemukakan seiring dengan reformasi dan keterbukaan budaya China, muncul pertumbuhan industri film China yang semakin meningkat pula.

"Selama 2011 telah 558 judul film `feature`, dokumenter, animasi, fiksi dan lainnya yang diproduksi," ungkapnya menambahkan.

Beijing, lanjut dia, telah menjadi pusat perfilman China dengan sumber daya yang solid, dan dasar pasar yang kuat.

"Kedepan Beijing akan menjadi pusat perfilman nasional dan internasional sekaligus memberikan kontribusi bagi perkembangan budaya global," katanya.

Festival Film Internasional Beijing akan menyeleksi 260 judul film lokal dan 20 film mancanegara termasuk satu judul film Indonesia "The Mirror Never Lies" garapan sutradara Kamila Andini.

Hadir dalam perhelatan itu, peraih beberapa penghargaan Academy Award James Cameron yang antara lain menyutradarai "Titanic" dan "Avatar".

Pembukaan festival film internasional Beijing diselenggarakan dengan menampilkan beberapa tarian tradisional China dan budaya negeri tersebut.

Selain "The Mirror Never Lies" dari Indonesia, sejumlah film mancanegara yang akan ditampilkan antara lain "The Lord of The Rings", "Mission Imposible" dan "The Ice Age". (R018/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca