Minggu, 21 Desember 2014

Kemlu bentuk tim selidiki kematian tiga TKI

| 1.316 Views
id tki tertembak, tki tewas, tki malaysia, tki lombok timur, menteri luar negeri, marty natalegawa
Kemlu bentuk tim selidiki kematian tiga TKI
Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty M. Natalegawa (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri membentuk tim khusus guna menyelidiki penyebab kematian tiga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diduga menjadi korban pencurian organ tubuh.

"Selasa pagi, saya sudah membentuk tim khusus guna memperoleh informasi utuh dan menyeluruh mengenai kematian tiga warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, tim yang terdiri atas staf ahli setara pejabat eselon dari Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWBHI) Kementerian Luar Negeri tersebut akan segera diberangkatkan ke Malaysia.

Sementara pihak Kemlu juga telah menghubungi salah satu keluarga korban guna menyampaikan ungkapan duka cita dan pemberian bantuan, termasuk keinginan untuk melakukan otopsi ulang terhadap ketiga jenazah TKI tersebut, tambah Marty.

"Pemerintah akan memberikan bantuan apabila pihak keluarga menginginkan otopsi ulang karena itu akan memberikan pencerahan atas dugaan pencurian organ tubuh," lanjutnya.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan otopsi ulang terhadap ketiga jenazah TKI tersebut.

Ketiga TKI asal Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat itu tewas ditembak oleh Polisi Negeri Sembilan karena diduga melakukan penyerangan ketika didekati. Mereka dicurigai oleh polisi karena bertingkah aneh dengan menggunakan penutup kepala, masker, dan membawa parang.

Pemerintah sedang melakukan tindakan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait di Negeri Sembilan, Malaysia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur. Duta Besar Malaysia di Jakarta juga telah menyatakan kesanggupannya untuk memberikan informasi terkait penyebab kematian tiga TKI itu.

"Kami sedang dalam tahap menghimpun informasi seutuh-utuhnya guna mendapatkan fakta yang sebenarnya terjadi," ujar Marty.

(F013)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga