Rabu, 22 Oktober 2014

Desa hemat energi bernama Warung Kadu

| 1.132 Views
id hemat energi, panasonic, warung kadu, eco ideas
Jakarta (ANTARA News) - Seribu bohlam hemat listrik  segera menerangi desa Warung Kadu, Purwakarta, Jawa Barat dan menjadikan tempat itu bergelar Desa Hemat Energi.

"Kami melakukan aksi ini untuk mewujudkan desa yang hemat energi," ujar Product Manager Air Conditioner Panasonic Gobel Indonesia, Ronny Heribertus, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Panasonic dan Electronic City, mengajak masyarakat untuk turut menyumbangkan tiga lampu bohlam, setiap pembelian satu penyejuk ruangan Inverter Econavy di Electronic City, dimulai sejak hari ini hingga awal Mei.

Lampu-lampu bohlam tersebut disumbangkan kepada 651 kepala keluarga di desa Warung Kadu, dan tiap-tiap kepala keluarga menerima tiga lampu bohlam. Bohlam yang dibagikan adalah tipe eco spiral, dengan kekuatan 11 watt yang mampu menghemat listrik hingga 80 persen, dengan pemakaian hingga 10.000 jam. Asumsi 10.000 jam ini, dengan ketentuan pemakaian empat jam sehari.

"Kami berasumsi bahwa lampu tersebut digunakan pada malam hari, dari pukul enam sore hingga pukul sepuluh malam. Pada pukul sepuluh malam, penduduk beristirahat dan mematikan lampu," ujar Ronny kepada AntaraNews usai jumpa pers.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Panasonic dalam mengajak pelanggan penyejuk udara inverter, untuk berpartisipasi dalam kegiatan ramah lingkungan," ujar Direktur Operasi PT. Electronic City Indonesia, Eduard Aribinsar Naibaho.

Desa Warung Kadu menjadi desa pertama yang dinobatkan sebagai Desa 'Eco Ideas', dan Panasonic Gobel Indonesia rencananya akan melakukan kegiatan Desa 'Eco Ideas' di beberapa desa lainnya.
(M048) 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga