Minggu, 21 Desember 2014

Strategi "pertumbuhan organik" jadi prioritas perbankan 2012

| 1.415 Views
id Indonesia banking survey 2012, PwC Indonesia, pricewaterhousecoopers, strategi pertumbuhan organik perbankan,
Jakarta (ANTARA News) - Sektor perbankan Indonesia memprioritaskan "pertumbuhan organik" sebagai pilihan strategi, demikian hasil Indonesian Banking Survey 2012 oleh PwC Indonesia.

"Sebanyak 92 persen responden memilih 'pertumbuhan organik' sebagai strategi utama dibanding pertumbuhan melalui akuisisi," kata Penasehat Teknis Divisi Perbankan PwC Indonesia, Ashley Wood, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Perbankan di Indonesia, menurut survei PwC itu, mengharapkan penyaluran kredit usaha kecil dan menengah (UKM) mampu berkontribusi tinggi terhadap 'pertumbuhan organik' mereka.

Ashley mengatakan 35 persen responden survei lebih meminati perolehan pendapatan dari penyaluran kredit UKM.

"Selain penyaluran kredit, perluasan jaringan kantor cabang juga menjadi fokus operasional perbankan pada 2012," kata Ashley.

Sebanyak 40 persen responden berencana membuka lebih dari 25 cabang pada 2012, dan 11 responden membuka lebih dari 100 cabang.

"Hasil survei kami yang utama adalah 95 persen responden memperkirakan pertumbuhan dua digit baik pada pinjaman dan simpanan," kata Ashley.

PwC Indonesia menjelaskan Indonesian Banking Survey 2012 merupakan survei berbasis portal (web based survey) yang melibatkan lebih dari 100 eksekutif dari sejumlah bank dengan nilai aset lebih yang mewakili dari 60 persen aset total perbankan di Indonesia.

PwC Indonesia merupakan bagian dari PricewaterhouseCoopers International Limited (PwCIL) yang terdiri atas Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana dan Rekan, PT PricewaterhouseCoopers Indonesia Advisory dan PT Prima Wahana Caraka.
(I026)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga