Jumat, 19 Desember 2014

Guardiola tinggalkan Barcelona pada akhir musim

| 696 Views
id barcelona, pep guardiola
Guardiola tinggalkan Barcelona pada akhir musim
Pelatih Barcelona Pep Guardiola. (FOTO REUTERS/Albert Gea)
Barcelona (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Pep Guardiola, Jumat, mengumumkan akan meninggalkan klub tersebut pada akhir musim, mengakhiri masa tugasnya selama empat tahun yang merupakan salah satu masa terbaik klub tersebut.

"Ini bukan situasi yang sangat mudah bagi saya," kata pelatih berusia 41 tahun Guardiola dalam jumpa pers, di mana klub itu juga mengungkapkan asisten pelatih Tito Vilanova akan menggantikannya.

"Empat tahun adalah sebuah keabadian sebagai pelatih Barca," kata Guardiola dalam jumpa pers di sebuah ruangan di Nou Camp yang dipenuhi para wartawan dan pemain.

"Waktu meletihkan segalanya, saya merasa terkuras, dan saya perlu mengisi kembali."

Guardiola meminta maaf karena telah membuat klub dalam ketidakpastian dalam waktu yang lama, saat dia mempertimbangkan apakah akan memperpanjang kontrak satu tahun dia, yang akan berakhir Juni mendatang

Tapi pelatih itu mengatakan ingin menunggu dulu sampai Liga Champions dan gelar Liga dipastikan sebelum membuat pengumuman tersebut.

Barcelona tersingkir dari kompetisi klub tertinggi Eropa itu setelah pada semifinal dikalahkan Chelsea Selasa lalu, dan Guardiola sudah menyerah bahwa gelar liga Spanyol akan direbut pesaing lama mereka, Real Madrid.

"Orang yang menggantikan saya akan dapat membawa sesuatu yang lebih," kata Guardiola, yang berdiri untuk memeluk presiden klub Sandro Rosell di podium setelah memberikan pernyataan tersebut.

Setelah menghabiskan sebagian besar karir bermainya di Barcelona, Guardiola melatih tim B Barcelona, sebelum mengambil alih tim inti pada Juni 2008 dari pelatih asal Belanda Frank Rijkaard.

Dalam empat tahun tugasnya itu dia mengantar Barcelona meraih 13 gelar dan dihargai karena memperkenalkan sepak bola terindah di dunia, dibantu oleh para pemain berbakat termasuk pemain terbaik dunia Lionel Messi.

Penggantinya, Vilanova, yang berusia 42 tahun, sempat bermain singkat sebagai pemain profesional di kompetisi teratas Spanyol, khususnya bersama Celta Vigo, sebelum beralih menjadi pelatih pada akhir karirnya dan menemukan jalan pulang ke klubnya sewaktu remaja.

Seperti juga Guardiola, dia masuk melalui akademi junior Barcelona, namun setelah gagal menembus tim inti saat dia melanjutkan karir bermainnya bersama sejumlah klub liga yang lebih bawah sebelum pensiun pada 2002.

Dia bergabung kembali dengan klub Katalan itu sebagai pelatih junior pada 2007, membantu tim B Barcelona promosi.

Vilanova dipromosikan pada tugas di tim inti, bekerja bersama Guardiola, untuk musim 2008-2009, yang mana tim memenangi enam trofi utama termasuk Liga Champions.
(I015/Z002)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga