Rabu, 1 Oktober 2014

Polandia ingin kembangkan potensi bisnis Indonesia

Senin, 30 April 2012 15:49 WIB | 1.235 Views
Polandia ingin kembangkan potensi bisnis Indonesia
Duta Besar LBBP Republik Polandia Brigjen Grzegorz Wisniewski. (FOTO.ANTARA)
Hubungan bilateral antara Polandia dan Indonesia sangat baik, tapi belum intensif"
Jakarta (ANTARA News) - Polandia ingin lebih meningkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia guna memperkuat hubungan bilateral di sektor ekonomi, kata Duta Besar Polandia untuk Indonesia Brigjen (Purn) Grzegorz Wisniewski hari ini di Jakarta.

"Hubungan bilateral antara Polandia dan Indonesia sangat baik, tapi belum intensif. Selain karena jarak yang jauh secara geografis, kurang dalamnya hubungan antarnegara tersebut disebabkan oleh kurangnya pengalaman bisnis, terutama dari Polandia," kata Dubes Grzegorz Wisniewski kepada ANTARA.

Kedua negara belum memiliki kerja sama ekonomi secara maksimal, sehingga masih ada sejumlah potensi yang harus dikembangkan oleh Polandia dan Indonesia, katanya. Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar enam persen pada 2011, Polandia berharap dapat melakukan penjajakan investasi yang lebih luas di Indonesia.

"Kerja sama ekonomi menjadi hal paling penting dalam peningkatan hubungan kedua negara tersebut, terutama kerja sama yang saling menguntungkan bagi Polandia dan Indonesia. Dan salah satu alasan mengapa banyak pengusaha di Polandia masih belum banyak berkembang di luar negeri adalah karena mereka belum mengenal Indonesia dan sejumlah negara di Asia," jelasnya.

Pada 2011, nilai ekspor Polandia ke Indonesia sebesar Rp1,1 triliun (121 juta dolar AS), sementara Polandia menerima impor dari Indonesia sebesar Rp6,6 triliun (720 juta dolar AS).

Menurut Grzegorz Wisniewski, nilai perdagangan kedua negara tersebut masih relatif kecil, dibandingkan dengan nilai perdagangan Polandia dengan sejumlah negara di Asia, terutama China. Dengan China, lanjutnya, Polandia meraup nilai perdagangan sebesar Rp183 triliun (20 miliar dolar AS).

"Nilai ekspor dan impor selama 2011 memang masih di bawah target, yaitu sebesar Rp9,2 triliun (1 miliar dolar AS). Namun saya yakin dengan kondisi kedua negara yang kondisi perekonomiannya semakin berkembang, target itu pasti akan tercapai tidak lama lagi," jelasnya.

Komoditas ekspor Polandia ke Indonesia berupa mesin, peralatan militer dan bahan kimia. Sementara komoditas impor Polandia dari Indonesia berupa batu bara, perabotan kayu dan pertanian. Biasanya, barang-barang impor tersebut diekspor lagi oleh Polandia ke negara-negara di kawasan Eropa.
(F013)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca