Jakarta (ANTARA News) - LA Lights Campus League kini menuju babak grand final yang akan diikuti delapan tim terbaik putra dan delapan tim terbaik putri di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta pada 1-5 Mei 2012.

Delapan tim masing-masing dari kategori putra dan putri itu berasal dari empat kota yang merupakan tempat berlangsungnya final regional, yakni Surabaya (regional Indonesia Timur), Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Mereka adalah para juara dan runner-up di setiap kota final regional yang akan memperebutkan juaran nasional kompetisi basket nasional antar universitas Indonesia itu.

"Pertandingan di grand final nanti merupakan laga berkualitas antara tim-tim basket kampus terbaik yang ada di Indonesia. Mereka layak tampil berkat kekompakan, kreatifitas yang dipadukan kejituan dalam meramu strategi serta taktik," kata Brand Manager LA Lights, Maya Shintawati.

Maya menambahkan pada grand final nanti masing-masing peserta akan ditantang kreatifitasnya dalam penguasaan bola, menembus pertahanan lawan, dan mental.

Ia juga mengatakan, "LA Lights Campus League memberikan wadah kepada mereka yang memiliki bakat dan sadar dengan talentanya serta tidak menyia-nyiakan bakatnya tersebut." Pada kesempatan yang sama, pelatih putri Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Candra Budiwaskito, juga mengungkapkan bahwa LA Lights Campus League merupakan salah satu wadah pembinaan bola basket di tanah air.

"LA Lights Campus League sangat bagus untuk mengasah permainan tim basket kampus kami. Selain itu, ajang ini juga sangat tepat untuk menguji mental pemain kami. Kami sangat senang bisa main di liga ini apalagi bisa masuk babak grand final," kata Candra.

LA Lights yang diselenggarakan sejak tahun 2007 itu juga akan menyuguhkan berbagai jenis hiburan seperti pertandingan five on five, 3 on 3, modern dance, dan penampilan dari bintang tamu baik itu grup musik yang sedang hits maupun bintang tamu atlet bola basket nasional yang akan unjuk gigi dalam pertandingan 'exhibition' dengan finalis LA Lights Campus League yang terpilih.

Tim peserta yang berhasil menembus grand final untuk kategori putra antara lain Universitas Atmajaya (Yogyakarta), Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta), STIE Bakti Pembangunan (Jakarta), Universitas Tarumanegara (Jakarta), Universitas Surabaya (Surabaya), Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Maranatha (Bandung), Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB).

Sementara untuk kategori putri di antaranya Universitas Atmajaya (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Negeri Jakarta (Jakarta), STIE Indonesia (Jakarta), Universitas Surabaya (Surabaya), Universitas Brawijaya (Surabaya), Universitas Padjajaran (Bandung), dan Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung).
(M047)
.