Minggu, 21 September 2014

Indonesia promosikan pencak silat di ISG 2013

Kamis, 3 Mei 2012 18:51 WIB | 3.883 Views

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan berupaya mempromosikan olahraga pencak silat, yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia, di ajang olahraga antarnegara-negara Islam, Islamic Solidarity Games (ISG) di Provinsi Riau pada 2013.

"Kami ingin mengenalkan pencak silat agar bisa berkembang di dunia Internasional. Dan ISG merupakan momentum yang tepat untuk hal tersebut," kata Menpora Andi Malarangeng setelah rapat koordinasi membahas persiapan ISG 2013 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Menurut Menpora, minat negara-negara internasional terhadap olahraga pencak silat cukup tinggi.

Aljazair menginginkan pertukaran atlet dengan Indonesia untuk mendapat pembinaan dan pelatihan pencak silat.

"Mereka (Aljazair) inginkan atlet-atletnya diajarkan bulu tangkis dan pencak silat, sedangkan atlet Indonesia akan belajar sepak bola di sana," kata Menpora.

Selain Aljazair, juga Argentina dan Prancis menaruh minat terhadap pencak silat, kata Menpora.

Ajang pesta olahraga tersebut sekaligus digunakan untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia ke dunia internasional, katanya.

ISG akan diikuti oleh 57 negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI). Sekitar 11 hingga 15 cabang olahraga direncanakan akan dipertandingkan di ISG 2013.

Cabang-cabang olahraga unggulan seperti bulu tangkis, panahan dan pencak silat akan diajukan oleh Kemenpora.

Paling sedikit delapan negara harus mendaftar sebagai syarat agar cabang olahraga bisa dipertandingkan ke ISG.

"ISG kali ini juga sebagai upaya memperkenalkan Islam yang baik. Islam yang mengajarkan perdamaian dan persaudaraan," kata Andi.

Atlet yang bertanding dalam ISG 2013 merupakan warga negara dari masing-masing negara peserta dan tidak dibedakan agamanya. ISG pertama diadakan di Arab Saudi pada 2005 dengan tuan rumah keluar sebagai juara umum.

Sedangkan ISG kedua yang semula akan diadakan di Iran 2010 dibatalkan setelah terjadi perselisihan antara Iran dan Dunia Arab atas penggunaan istilah Teluk Persia pada logo ajang ISG.

(A059/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga