Rabu, 22 Oktober 2014

Albert bakar diri di Kedubes Belanda

| 4.113 Views
id pria belanda, bunuh diri, membakar diri, kedutaan besar belanda
Dia siram sendiri terus masuk ke dalam pos
Jakarta (ANTARA News) - Albert Johannis Cornelis (69), seorang warga Negara Belanda, membakar diri di samping luar Kedubes Belanda yang berlokasi di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat.

Belum diketahui motif pria kelahiran Amterdam ini membakar diri dengan menggunakan bensin.

Kanit Reskrim Polsek Setiabudi Ajun Komisaris AKP Rifta Zudin mengatakan, saat ini Albert masih dalam kondisi hidup dan sedang menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Medistra, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Dari hasil identifikasi sementara dan keterangan sejumlah saksi, Albert membakar diri dengan menggunakan bensin yang disiram ke sekujur tubuhnya sekitar pukul 14.12 Wib," kata Rifta Zudin.

Menurut saksi mata, lanjut Rifta Zudin, saat api membakar tubuhnya, Albert kemudian lari ke pintu samping Kedutaan Besar Belanda, tempat masuk pengunjung yang akan mengajukan visa.

"Dari informasi yang dihimpun polisi, Albert sering datang ke Kedubes Belanda untuk minta pekerjaan," katanya.

Dari lokasi kejadian, polisi menemukan tas ransel kecil milik Albert yang sudah terbakar. Dari dalam tas itu berisi pecahan uang Rp10 ribu, Rp5 ribu, payung, tempat kaca mata, dan ponsel merek Nokia.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata Rifta Zudin, belum diketahui apa yang mendorong pelaku untuk melakukan aksi nekatnya itu.

"Masih dalam perawatan. Pelaku memang murni ingin bunuh diri karena bawa botol berisi bensin," kata Rifta Zudin.

Saat ini polisi telah memintai keterangan dari Indri Kusuma Lestari, petugas keamanan Kedubes Belanda yang melihat aksi Albert saat mencoba bunuh diri.

Kondisi pelaku mengalami luka bakar di sekujur tubuh, dan lebih parah di bagian wajah.

Selain memeriksa saksi, polisi menyita barang bukti berupa korek api, botol bekas penampung bensin, tas hitam berisi pecahan uang Rp10 ribu, Rp5 ribu, payung, tempat kaca mata, telepon genggam merek Nokia, dan foto kopi paspor.

"Yang bersangkutan sedang divisum untuk petunjuk lukanya," katanya lagi.

Sementara ini Polisi masih memeriksa dua saksi yakni Indri dan Somad. Somad adalah petugas keamanan yang menyaksikan langsung Albert membakar dirinya.

"Dia siram sendiri terus masuk ke dalam pos," kata Rifta Zudin.

Menurutnya, ada seorang pegawai dari Kedubes Belanda yang mengantarkan Albert ke RS Medistra yang bernama James.

"Pak James itu yang nganterin terus masih menunggu dan ngurus-ngurus administrasinya di sini kali," jelasnya.

(ANT-009/R021)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga