Sabtu, 20 September 2014

PTKA perbaharui layanan tiket ekonomi

Minggu, 6 Mei 2012 16:04 WIB | 6.883 Views
PTKA perbaharui layanan tiket ekonomi
Dokumen foto seorang petugas melayani calon pembeli tiket melalui pelayanan tiket online. (ANTARA/Feny Selly)
Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api (PTKA) Indonesia melakukan pembaharuan sistem pelayanan tiket dengan berbasis internet, secara bergerak (mobile) dan mesin tiket yang terintergrasi dengan pihak perbankan.

"Sistem tiket itu sudah dilakukan untuk pemesanan tiket KA komersial dan ekonomi AC. Degan layanan itu pemesanan tiket KA ekonomi ke depan bisa dilakukan sejak H-90 menjelang jam pemberangkatan," kata Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno, di Bandung, Minggu.

Menurut Bambang, tahap pertama I akan dimulai pada tanggal 9 Mei 2012 untuk kereta api kelas ekonomi KA Kertajaya (Tanjungpriok - Surabaya Pasarturi), KA Tawangjaya (Semarang Poncol - Pasar Senen) dan KA Tegal Arum (Jakarta - Tegal).

Sementara itu, menurut dia, untuk sejumlah KA di wilayah termasuk kawasan pengembangan sistem pada Tahap II, direncanakan dimulai pada tanggal 15 Mei 2012 berlaku untuk KA Pasundan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong), KA Kahuripan (Kediri - Padalarang), KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo - Tanahabang), KA Serayu I - II relasi dan KA Serayu III - IV (Kroya - Jakarta) .

Pada tahap III, menurut dia, akan dimulai pada 23 Mei 2012 berlaku untuk KA Gayabaru Malam Selatan (Surabaya Gubeng - Jakarta), KA Bengawan (Solo Jebres - Tanah Abang), KA Progo (Pasar Senen - Lempuyangan), dan KA Kutojaya Utara (Kutoarjo - Tanah Abang).

Tahap IV, PTKA merencanakan pengembangan sistem pada 30 Mei 2012 untuk KA Sritanjung (Banyuwangi - Surabaya Gubeng - Lempuyangan), KA Logawa (Purwokerto - Surabaya Gubeng - Jember), KA Tawangalun (Banyuwangi - Bangil - Malang Kotalama), KA Matarmaja (Malang - Pasar Senen) dan KA Brantas (Kediri - Tanah Abang).

"Apabila pergantian sistem ticketing sudah berjalan sesuai tahapan tersebut, selanjutnya calon penumpang bisa memesan tiket KA Ekonomi tidak hanya H-7, namun bisa H-90 atau 90 hari sebelum keberangkatan seperti untuk KA Komersial," kata Bambang.

Selain itu, calon penumpang bisa membeli tiket tidak hanya di stasiun saja, tapi bisa di mini market, agen resmi tiket KA, kantor pos, contact center 121 dan sebagainya, seperti halnya kereta kelas komersial dan ekonomi AC.

Bambang mengakui dalam tahap transisi akan terjadi penyesuaian pelayanan dari pelayanan tiket lama ke layanan tiket terbaru di Stasiun KA.

"Peningkatan layanan untuk kenyamanan pengguna jasa yang sudah diterapkan selama ini tetap diberlakukan yaitu pembelian tiket tetap mencantumkan nomor ID atau sesuai dengan identitas diri, boarding pass, perjalanan bebas asap rokok dan bebas pedagang asongan di atas kereta," demikian Bambang Setya Prayitno. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga