Rabu, 22 Oktober 2014

Merkel undang Hollande pembicaraan awal

| 3.721 Views
id angela merkel, francois hollande, nicolas sarkozy
Merkel undang Hollande pembicaraan awal
Presiden terpilih Perancis, Francois Hollande (kiri), merayakan kemenangan di atas mimbar dengan pasangan hidupnya, Valerie Trierweiler, usai pembacaan hasil pemilihan presiden putaran kedua di Tulle, Minggu (6/5). Beban penyehatan zona Euro ada di puncak Holande kini bersama seluruh koleganya pemimpin Eropa. Warga Perancis memberikan suaranya pada pemilu hari Minggu kemarin dan Hollande akan menjadi presiden Perancis pertama dari Partai Sosialis setelah 17 tahun. (REUTERS/Regis Duvignau)
... keduanya mempunyai watak yang sama guna mendukung hubungan erat kedua negara itu...
Paris (ANTARA News) - Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengundang Presiden terpilih Prancis, Francois Hollande, ke Berlin untuk melakukan pertemuan pertama dalam menetapkan dasar konsensus kebijakan pertumbuhan bagi masa depan kawasan zona Eropa.

Kanselir sayap kanan-tengah itu, bersama dengan pemimpin Eropa lain, ikut memberikan ucapan selamat kepada Hollande, terkait kemenangannya atas Nicolas Sarkozy dari Partai Konservatif. Merkel mengatakan dia yakin Jerman dan Prancis dapat bekerja sama secara erat.

Para pemimpin di Berlin, London dan Washington, yang mendukung Sarkozy dan menolak permintaan bertemu Hollande sebelum pemilu, kini antre untuk menyambut Hollande ke dalam kelompok pemimpin Barat.

Presiden Barack Obama adalah pemimpin pertama dari luar Eropa yang mengucapkan selamat kepada Hollande. Gedung Putih menyatakan, AS menunggu kerja sama dengan pemimpin Prancis dari Partai Sosialis itu dalam hal ekonomi dan pertahanan negara.

Hollande sejak lama telah mengatakan bahwa perjalanan pertamanya ke luar negeri akan menuju Berlin. 

Dia berencana menantang fokus kebijakan negara Jerman, yang dipaksakan pada penghematan anggaran, dengan meminta elemen pendukung pertumbuhan tersebut dimasukkan pada pakta pertanggungjawaban anggaran Eropa.

Hollande dan Merkel memiliki tugas berat memuluskan perbedaan ideologi dan memulai hubungan bilateral yang didasarkan pada tumpuan kuat, seiring kekhawatiran terhadap krisis hutang zona Eropa dan ancaman resesi pada blok tersebut.

Hollande dan Merkel dari latar belakang keluarga yang berlawanan secara politik dan Merkel secara terang-terangan mendukung Sarkozi terpilih kembali sebagai Presiden Prancis. Namun keduanya mempunyai watak yang sama guna mendukung hubungan erat kedua negara itu.

Perdana Menteri Italia Mario Monti juga melakukan pembicaraan kepada Hollande dan pemimpin Eropa lain menyusul hasil pemilu presiden Prancis. Kedua belah pihak telah menyepakati perlunya kerja sama yang erat di tingkat Uni Eropa guna meningkatkan pertumbuhan.

Monti, yang mendukung ide Hollande dengan meminta pakta pertumbuhan di Eropa pada April, menegaskan bahwa tanggung jawab anggaran memang perlu, tetapi tidak cukup untuk menciptakan pertumbuhan. Monti juga mengatakan bahwa penerapan langkah konkret merupakan hal penting untuk pertumbuhan ekonomi.

Dengan kondisi pasar keuangan yang mendukung agenda pertumbuhan ekonomi Hollande, para analis mengatakan bahwa presiden terpilih itu perlu meyakinkan para investor karena kekhawatiran terhadap krisis hutang Eropa kembali muncul.

(F013)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga