Jumat, 19 September 2014

Gejala dini kanker payudara

Selasa, 8 Mei 2012 17:07 WIB | 20.585 Views
Jakarta (ANTARA News) - Kanker payudara adalah jenis penyakit kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan dibandingkan dengan kanker leher rahim. Banyak perempuan yang belum paham cara mendeteksi penyakit mematikan ini.

Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr.Sonar Sonnyi Panigoro, SpB.Onk, mengatakan bahwa gejala yang pertama kali sering muncul adalah benjolan pada daerah payudara atau dekat ketiak.

Dia mengemukakan hal itu pada sebuah diskusi untuk kampanye kesadaran akan kanker payudara di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Selasa.

"Walaupun tidak semua benjolan merupakan kanker, tapi tetap harus diwaspadai," ujar Sonar

Sonar juga menjelaskan bahwa gejala lain yang pasti timbul adalah pembengkakan pada seluruh atau sebagian payudara, disertai dengan iritasi pada kulit payudara dan puting susu yang terasa nyeri.

Bila puting yang masuk ke dalam, disertai dengan payudara berwarna kemerahan, bersisik atau pun menebal, serta keluarnya cairan dari puting selain air susu, itu berarti kanker sudah stadium lanjut dan menjadi lebih sulit untuk ditangani, ujar Sonar.

"Sebaiknya kaum perempuan melakukan deteksi sejak dini, karena bila penyakit ini masih tergolong stadium 0 atau stadium 1, penyakit ini masih bisa segera ditanggulangi," ujar Sonar.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga