Kamis, 23 Oktober 2014

PGN dukung penyesuaian harga gas bumi

| 3.516 Views
id perusahaan gas negara, harga gas pgn, conocophillips
PGN dukung penyesuaian harga gas bumi
Petugas memutar katup untuk memasukan gas kedalam pipa di Stasiun Penerima dan Penyalur Gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Bojonegoro, Serang, Banten. (FOTO ANTARA/ Dhoni Setiawan)
Jakarta (ANTARA News) - PGN mendukung kebijakan penyesuaian harga beli gas bumi dari ConocoPhillips dan Pertamina EP, yang dinilai akan berdampak pada penyesuaian harga jual ke pelanggan di SBU Distribusi Wilayah I Jawa Bagian Barat.

"Meskipun dengan peningkatan harga beli PGN mencapai lebih dari 200 persen, namun dalam rencana penyesuaian harga jual gas bumi kepada pelanggan, PGN tetap memperhatikan kepentingan, prinsip keekonomian dan daya saing konsumen," kata Sekretaris Perusahaan Gas Negara (PGN) Heri Yusup dalam siaran pers Selasa.

Menurutnya kebijakan penyesuaian harga ini merupakan bentuk dukungan PGN dalam upaya pemerintah menaikkan sumber pemasukan bagi Negara dan juga menggiatkan kegiatan operasi migas.

Hal tersebut juga menjadi harapan bagi PGN agar alokasi gas bumi dalam negeri dapat semakin meningkat seiring dengan peningkatan ketersediaan pasok di hulu untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di hilir.

"Dengan komitmen ini, PGN berharap mendapatkan dukungan dari regulator dan produsen untuk tetap dapat menjamin peningkatan pasokan gas bagi kalangan industri dengan harga jual gas yang kompetitif. Keberlangsungan dunia usaha dan multiplier effect bagi perekonomian bangsa menjadi salah satu fokus utama kami khususnya di wilayah Jawa Bagian Barat," ujar Heri Yusup.

Gas bumi yang mengalami penyesuaian harga tersebut adalah gas bumi yang dialirkan melalui pipa transmisi South Sumatra West Java (SSWJ) yang mulai dioperasikan tahun 2008. Selama ini gas dari SSWJ menyuplai kebutuhan konsumen di wilayah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Gas dari kedua produsen tersebut melayani pelanggan pembangkit Listrik (PLN) dan industri baik sebagai energi bagi mesin-mesin produksi maupun sebagai bahan baku. Gas SSWJ juga melayani kebutuhan komersial seperti hotel, apartemen, mall, usaha UMKM, transportasi, dan rumah tangga.

(B008/S025)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga