Selasa, 23 Desember 2014

Sapta Nirwandar luncurkan Tour de Singkarak 2012

| 2.481 Views
id wamenparekraf Sapta Nirwandar, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Tour de Singkarak
Sapta Nirwandar luncurkan Tour de Singkarak 2012
Wakil Menteri Parawisata dan Ekononi Kreatif Sapta Nirwandar. (FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar bersama Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan peluncuran perhelatan Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Balairung Soedirman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Parekraf di Jakarta, Senin.

Acara peluncuran itu menandai siap digelarnya lomba balap sepeda internasional TdS 2012 yang diselenggarakan di Sumatera Barat pada 4-10 Juni mendatang.

Perhelatan bertema Sport Tourism yang telah menjadi agenda tahunan Union Cycliste Internationale (UCI) ini bukan hanya diramaikan 18 tim pebalap internasional, melainkan juga para wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumbar untuk menyaksikan lomba serta menikmati keindahan alam dan budaya Minang.

Menparekraf Mari Elka Pangestu menyatakan, salah satu tujuan dari penyelenggaraan tour itu adalah untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat yang telah mendapat sambutan hangat dari mancanegara.

TdS 2012 akan melombakan tujuh etape yang berjarak total 854 kilometer dan melewati 14 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Ketujuh etape tersebut yakni, etape 1 Sawahlunto-Sijunjung, etape 2 Muara Sijunjung-Lembah Harau, etape 3 Payakumbuh-Istana Basa Pagaruyung, etepa 4 Sicincin Anai Golf-Bukittinggi, etape 5 Padang Panjang-Singkarak, etape 6 Pariaman-Painan, dan Etape 7 Padang Circuit Race.

Sebanyak 14 kabupaten dan kota terlibat dalam perhelatan ini adalah Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten 50 Kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Pariaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Penyelenggaraan TdS 2012 yang merupakaan kali keempat diikuti 250 pebalap dari 17 negara yakni Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina, Kirgiztan, Rusia, Cina Taipei, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Prancis, Vietnam, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia.

Selain itu juga di dalamnya terdiri atas 18 tim balap internasional yakni Asian Racing Team, Azad University Cross Team, OCBC Singapore Continental Cycling Team, Genesis Wealth Advisers Pro Cycling Team, Uzbekistan Suren Team, Eddy Hollands Bicycle Services, Tabriz Petrochemical Team, Colossi Miche Team, Australian National Team, Budget Forkliftd, serta dua tim lain yang masih dalam konfirmasi.

Sementara itu, tim nasional yang turut serta dalam lomba itu adalah Polygon Sweet Nice, Araya, Putra Perjuangan, Warung Sego Penyetan, Custom Cycling Club, Binong Baru Club Pessel, dan Sumatera Barat. Para pebalap memperebutkan total hadiah uang sebesar Rp1 miliar.

(ANT-329/R014)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga