Gary Neville menjadi staf pelatih Timnas Inggris

Senin, 14 Mei 2012 21:53 WIB | 2008 Views

Berita Terkait
London (ANTARA News) - Gary Neville ditunjuk sebagai staf pelatih Timnas Inggris dengan ikatan kontrak berdurasi empat tahun, demikian diumumkan FA pada Senin.

Mantan bek Timnas Inggris dan Manchester United ini sekarang siap bekerja di bawah arahan manajer timnas yang baru, Roy Hodgson, pada kejuaraan Eropa bulan depan.

Namun di saat Neville, yang pensiun dari sepak bola kompetitif pada musim 2010/2011, semestinya dapat membantu Hodgson dalam membuka hubungan dengan para pemain, keputusan untuk mengizinkannya bekerja sebagai pengamat sepak bola di media dapat memicu konflik kepentingan.

Neville, yang memegang lisensi kepelatihan A dan B UEFA namun tidak memiliki pengalaman melatih tim senior, bermain sebanyak 85 kali untuk Inggris. Ia sudah pernah meraih semua gelar domestik bersama Manchester United, serta prestasi di Liga Champions.

Mantan pemain belakang ini memperkuat Inggris pada tiga kejuaraan Eropa (1996, 2000, 2004), dan dua kali di Piala Dunia (1998, 2006). Ia pensiun pada Februari tahun silam, dan sejak itu bekerja sebagai pengamat sepak bola di Sky Sports, lapor AFP.

Neville (37) sekarang akan bergabung dengan pelatih Ray Lewington, dan dua pelatih kiper, Ray Clemence dan Dave Watson, sebagai staf pelatih Hodgson di kejuaraan Eropa di Polandia dan Ukraina.

"Gary memiliki begitu banyak pencapaian dalam permainan ini sebagai pemain di Manchester United dan Inggris," kata Hodgson dalam pernyataan FA.

"Ia telah memperoleh kualifikasi kepelatihan UEFA dan akan mendapat rasa hormat yang besar dari para pemain, sebab ia sangat berpengalaman sebagai pemain."

Mantan manajer West Bromwich Albion ini, yang sempat melatih Timnas Swiss dan raksasa Italia, Inter Milan, mengatakan ia menginginkan Neville untuk mendampinginya sejak ia pertama kali didekati oleh FA.

"Pada pertemuan pertamaku dengan FA, saya menjelaskan bahwa Gary adalah seseorang yang saya inginkan menjadi bagian dari stafku," kata Hodgson.

"Saya pikir sangat penting bagi kami untuk memiliki pelatih yang lebih muda, yang sangat memahami (suasana) kamar ganti dan sangat berpengalaman di level internasional."

"Ia telah mewakili Inggris sebagai pemain pada lima (putaran) final turnamen-turnamen besar, yang akan membuat dirinya menjadi anggota staf yang sangat bernilai."

Neville, yang masih akan tetap bekerja sebagai kolumnis untuk surat kabar Mail edisi Minggu, mengatakan bahwa dirinya tidak ragu untuk bergabung sebagai anggota staf Hodgson.

"Roy meminta saya menjadi bagian dari stafnya dan untuk bekerja dengan timnas, ini bukan hanya merupakan kebanggaan, namun ini merupakan momen yang sangat istimewa bagi saya," kata Neville.

"Saya tentu saja tidak ragu untuk menerima peran ini, dan saya menikmati kesempatan untuk bekerja bersama Roy dan timnya di Euro dan menjalani dua turnamen berikutnya."

(H-RF)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Pacquaio yakin bisa bertahan dua tahun lagi

Pacquaio yakin bisa bertahan dua tahun lagiSetelah merebut kembali gelar juara dunia kelas welter WBO dengan kemenangan angka mutlak atas Timothy Bradley, ...

Lewis Hamilton posisi pole untuk Mercedes di Tiongkok F1

Lewis Hamilton posisi pole untuk Mercedes di Tiongkok F1Lewis Hamilton akan menempati posisi pole untuk Grand Prix Formula Satu Tiongkok setelah drama kebut-kebutan di ...

Pusat tiket Piala Dunia dibuka

Pusat tiket Piala Dunia dibukaPusat-pusat penjualan tiket Piala Dunia dibuka di Brasil Jumat waktu setempat sehingga para penggemar bisa membeli ...