Selasa, 16 September 2014

Gunung api bawah laut potensi wisata Sangihe

Selasa, 15 Mei 2012 13:08 WIB | 4.432 Views
Manado(ANTARA News) - Wakil Bupati(Wabup) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana meminta pemerintah memberi perhatian terhadap gunung api bawah laut di kawasan tersebut yang belum tergarap maksimal sebagai potensi wisata menarik.

"Di dunia hanya ada dua gunung api bawah laut yang sangat indah, yakni di Karibia dan Sangihe, tetapi sayangnya potensi Sulut tersebut belum tergarap menjadi kawasan wisata menarik," kata Wabup Sangihe, Gaghana di Manado, Selasa.

Gaghana mengatakan, menyayangkan potensi wisata Sulut tersebut tidak masuk dalam program pengembangan pariwisata dalam master plan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia(MP3EI).

"Seharusnya dengan keunikan sebagai satu dari dua gunung api bawah laut menarik di dunia, harus dimasukkan pada program MP3EI, karena jelas berpotensi mendorong pariwisata," kata Gaghana.

Gunung api bawah laut Sangihe, kata Gaghana semakin menarik karena di kawasan tersebut dilengkapi terumbu karang yang sangat indah.

"Berdasarkan survei asosiasi pariwisata bahari Indonesia, menyebutkan terumbu karang di Sangihe, salah satu yang terindah di dunia, karena itu kawasan perairan kabupaten kepulauan harus didorong agar menjadi potensi wisata," kata Gaghana.

Bila kawasan perairan Sangihe dapat dikembangkan lebih luas, maka akan menambah potensi wisata yang unik dan bisa menarik wisatawan baik nusantara maupun mancanegara datang di Sulut," kata Gaghana.

Pemerintah Sangihe, kata Gaghana, terus melakukan promosi diantaranya dengan mengundang artis nasional datang menyelam di perairan Sangihe.

"Tanggal 3 hingga 7 Juni, pemerintah Sangihe kami telah mengundang mantan puteri Indonesai tahun 2005, Nadine Chandrawinata untuk melihat keindahan terumbu karang dan gunung bawah laut Sangihe," kata Gaghana.
(G004)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga