Rabu, 3 September 2014

Masyarakat Minang bentuk "Minang Bangkit"

Rabu, 16 Mei 2012 00:05 WIB | 12.620 Views
Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat Minang di Jakarta membentuk forum Minang Bangkit yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta memberikan kontribusi bagi pembangunan di Indonesia.

Beberapa tokoh Minang seperti pengusaha Oesman Sapta, mantan pejabat orde baru Azwar Anas, akademisi Prof Hasyim Djalal, serta pengurus berbagai organisasi Minang berkumpul di Jakarta, Selasa malam, membahas upaya silaturahmi tersebut.

Dalam keternagan tertulisnya, Oesman Sapta mengatakan masyarakat Minang menyimpan potensi yang besar dalam pembangunan, terutama karena mempunyai karakter pedagang.

Ia memberikan contoh, kumpulan pedagang kaki lima asal Minang di Lampung berhasil membangun pusat perbelanjaan. Oesman mengharapkan masyarakat Minang di Jakarta yang jumlahnya cukup banyak mampu berbuat lebih besar lagi.

Selain berupaya meningkatkan silaturahmi di perantauan, mereka juga ingin membangun daerah asal mereka.

Sementara itu, Hasyim Djalal mengatakan ia pernah melakukan penelitian mengenai bidang apa saya yang perlu dibangkitkan dari masyarakat Minang. Ia mengatakan ada tiga hal yang perlu dibangkitkan yakni kebangkitan budaya, kebangkitan politik dan diplomasi, serta kebangkitan agama.

Pada pertemuan tersebut juga diputuskan untuk mengadakan silaturahmi besar masyarakat Minang pada September 2012.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca