Sabtu, 25 Oktober 2014

Pemkab Aceh Utara normalisasi saluran tambak

| 7.003 Views
id saluran pengairan, saluran tambak, pemkab aceh utara
Banda Aceh (ANTARA News) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, melakukan normalisasi sejumlah saluran tambak di wilayah itu untuk meningkatkan produktivitas ikan budidaya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pengawasan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Utara Razali di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, program normalisasi saluran menjadi prioritas utama pada tahun 2012.

"Sejumlah saluran untuk kawasan tambak di wilayah itu mengalami pendangkalan dan penyempitan, sehingga pada 2012, akan dilakukan upaya normalisasi, meskipun dilakukan secara bertahap," katanya.

Direncanakan, untuk tahap awal pada tahun 2012, kawasan tambak di Aceh Utara yang akan dilakukan normalisasi saluran adalah di Kecamatan Samudera, Lapang, Seunuddon dan Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Tiap kecamatan anggaran yang tersedia melalui pos anggaran bantuan Otsus adalah sebanyak Rp190 juta. Sementara panjang saluran tambak yang harus dinormalkan pada empat kecamatan tersebut semuanya mencapai 15 kilometer.

Seperti disebutkan Razali, pentingnya dilakukan upaya normalisasi saluran tambak itu, karena banyak yang sudah dangkal dan sempit, akibat penumpukan sedimentasi lumpur dan juga pengaruh lainnya.

Sebagai salah satu upaya untuk menunjang produktivitas ikan budidaya tambak yang ada di Kabupaten Aceh Utara, dilakukan upaya normalisasi, agar sejumlah areal tambak mampu menghasilkan secara maksimal dan berdayaguna bagi masyarakat petani tambak.

Apalagi, sebagian wilayah Kabupaten Aceh Utara merupakan wilayah pesisir yang sebagiannya terdapat areal tambak milik masyarakat.

Dimana luas tambak di Aceh Utara secara keseluruhan mencapai 12.554 hektare, yang terbentang mulai dari Kecamatan Tanah Jambo Aye hingga Kecamatan Krueng Mane.
(KR-IRW/N005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca