Jumat, 22 Agustus 2014

Peminat beasiswa Kaltim Cemerlang capai 21.793 pendaftar

Jumat, 18 Mei 2012 21:28 WIB | 2.685 Views
Samarinda (ANTARA News) - Peminat Program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang digulirkan Pemprov Kaltim sudah mencapai 21.793 pendaftar dari total kuota program itu yang berjumlah sekitar 30.000 pelajar dan mahasiswa.

"Pendaftaran untuk beasiswa Kaltim Cemerlang mulai dibuka pada 30 April dan akan ditutup pada Juni 2012. Tiap hari ada ribuan pendaftar dan hingga sekarang saja sudah terdapat 21.793 pendaftar," ujar Ketua Tim Pengelola Program Beasiswa Kaltim Cemerlang, Bohari Yusuf, di Samarinda, Jumat.

Dikatakannya, alokasi anggaran untuk beasiswa yang pendaftarannya melalui internet itu mencapai Rp70 miliar. Sedangkan pelajar dan mahasiswa yang bakal mendapat beasiswa dan stimulan program ini lebih dari 30.000 orang.

"Kami sengaja menerapkan pendaftaran beasiswa melalui internet dengan alamat www.beasiswa-kaltim.org, tujuannya adalah agar tidak terjadi kontak fisik saat mendaftar sehingga hasilnya bisa objektif," katanya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan persiapan, penyusunan petunjuk teknis, hingga penyempurnaan software, dilakukan mulai Januari hingga Maret.

Kemudian pendaftaran dalam jaringan (online) dan penerimaan berkas calon penerima beasiswa dilakukan mulai 30 April hingga Juni.

Selanjutnya, tim akan melakukan verifikasi dan seleksi pada Mei hingga September, dilanjutkan pengumuman yang dijadwalkan pada Juni hingga September.

Sedangkan proses terakhir adalah penyaluran dana stimulan dan beasiswa kepada mereka yang lolos verifikasi, yakni dilakukan pada Juli hingga Desember 2012.

Saat ini, lanjutnya, para calon penerima beasiswa yang telah mendaftar melalui internet, sudah mulai mengumpulkan berkas fisik Beasiswa Kaltim Cemerlang 2012, yakni dikumpulkan mulai 10 Mei di Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim.

Menurutnya, program Beasiswa Kaltim Cemerlang sudah berjalan dalam tiga tahun terakhir, yakni dimulai sejak 2010 dengan anggaran yang sama, yakni Rp70 miliar.

Tiap tahun, lanjutnya, sistem pendaftaran dan penyalurannya terus mengalami perbaikan, sehingga dari tahun ke tahun semakin banyak pelajar dan mahasiswa yang mendapat beasiswa, termasuk waktu penyalurannya juga lebih cepat ketimbang tahun sebelumnya.

Sebagai contoh, pada 2010 ada beasiswa yang disalurkan pada tahun berikutnya atau pada Januari-Februari 2011. Namun pada 2011 paling lambat pada Desember di tahun yang sama sudah diterima oleh mahasiswa. "Untuk 2012 ini, penyaluran beasiswa kami upayakan sebelum akhir Desember semua sudah tuntas," ujar Bohari.

(KR-GFR/A041)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga