Minggu, 26 Oktober 2014

Garin: ruang kreativitas kaum muda harus dibangun

| 4.136 Views
id kreativitas film, film layar lebar, garin nugroho
Yogyakarta (ANTARA News) - Ruang kreativitas bagi kaum muda harus terus dibangun agar mereka dapat terus berkarya, kata sineas senior Garin Nugroho.

"Kami ingin membangkitkan semangat untuk selalu menjadi inspirasi dengan terus berkarya, di antaranya melalui LA Lights (LL) Indiemovie," katanya di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, melalui ajang itu para calon sineas muda Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk menggali ilmu sekaligus menjadi tempat pembelajaran langsung bagi mereka mengenai cara kerja dan seluk beluk industri film.

"LL Indiemovie selalu menyuguhkan tema yang berbeda-beda dengan beragam pembicara yang andal dan berpengalaman di bidangnya masing-masing seperti `script writing`, penyutradaraan, editing, dan akting," katanya.

Ia mengatakan, LL Indiemovie tahun ini hadir dengan membawa gebrakan baru, yakni LL Indiemovie Goes to Cinema. Hal itu merupakan pencapaian dan langkah yang sangat progresif dalam perjalanan film indie.

"Para calon sineas Indonesia akan berkesempatan untuk menggali pengalaman dalam pembuatan film layar lebar. Para calon sineas Indonesia ditantang untuk menulis sebuah cerita," katanya.

Selanjutnya, kata dia, secara kreatif mereka menerjemahkan sebuah tema ke dalam sebuah "script" yang menarik dan orisinal untuk dapat dituangkan menjadi sebuah film.

Menurut dia, sebanyak 50 peserta terpilih berkesempatan untuk mengikuti tahap "meet the producers". Pada sesi itu para peserta akan berhadapan langsung dengan para produser untuk mempresentasikan ide cerita filmnya.

"Hasil dari presentasi itu akan menentukan apakah peserta layak untuk mengikuti produksi film layar lebar LL Indiemovie Goes to Cinema 2012," katanya.

Ia mengatakan, setelah lolos tahap itu 28 finalis dari empat kota akan diajakn untuk membuat sebuah "micro-movie" bersama rekan satu kota dalam sesi "filmmaking workshop".

Para finalis akan diperkenalkan dengan sistem kerja produksi layar lebar untuk mempersiapkan kematangan mereka dalam bekerja dengan pekerja film profesional.

"Selanjutnya, para finalis akan terlibat langsung dalam produksi omnibus layar lebar LL Indiemovie. Mereka akan bekerja pada departemen kreatif yang disesuaikan dengan kemampuan dan minatnya," kata Garin.

Selain Yogyakarta, LL Indiemovie juga digelar di Jakarta, Malang, dan Bandung.
(B015*H010/H008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga