Sabtu, 26 Juli 2014

Keluarga napi laporkan penganiayaan oleh petugas lapas

Rabu, 23 Mei 2012 09:31 WIB | 1.570 Views
Keluarga napi laporkan penganiayaan oleh petugas lapas
Ilustrasi Lembaga Pemasyarakatan (ANTARA/Ismar Patrizki)
Banda Aceh (ANTARA News) - Keluarga nara pidana Lembaga Pemasyarakatan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, melaporkan perkara penganiayaan kekerasan fisik dialami Hendra Suadi (29) yang dilakukan oknum petugas LP setempat.

Keluarga korban Taufiq Ahadi di Meulaboh, Rabu mengatakan, adik kandungnya tersebut dihajar babak belur oleh seorang oknum petugas, sehingga menderita luka dan mengalami pendarahan dari mulut serta hidung.

"Sebelum dia dimasukkan ke sel dingin oleh petugas, adik saya dihajar sampai babak belur, dan diancam agar tidak melapor kepada keluarga. Namun kami mendapat informasi dari napi yang lain saat berkunjung," katanya.

Didampinggi penasehat hukum Rahmad Hidayat SH, Taufiq menyebutkan, selain dihajar hingga babak belur, keluarganya juga diperas sebesar Rp5 juta oleh oknum petugas sebagai persyaratan dilepas dari sel dingin.

Kejadian tersebut berawal dari perbuatan Hendra yang sudah dijadikan tamping (narapidana dipercaya) pulang karena menjenguk keluarganya sedang sekarat sakit, namun setiba di LP langsung dihajar oknum petugas tanpa basa basi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala LP Meulaboh M Sulthon menegaskan, kejadian tersebut benar ada, namun ia membantah bahwa hal itu merupakan penganiayaan.

"Ini bukan penganiayaan, ini hanya sekedar pelajaran bagi bersangkutan agar tidak terulang dan sebagai contoh bagi napi yang lain juga agar tidak berani melakukan seperti yang dilakukannya," tegasnya.
(IRW/H011)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga