Sabtu, 20 Desember 2014

APKASI Dukung ASEAN-China Free Trade

| 1.885 Views
id apkasi, isran noor, perdagangan bebas asean-china,
APKASI Dukung ASEAN-China Free Trade
Ir.H.Isran Noor, MSi (APKASI) (ANTARANews/Apkasi)
Jakarta (ANTARA News) – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menyambut baik dan menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kawasan perdagangan  bebas ASEAN-China (ACFTA) karena memberikan peluang dan kesempatan bagi kemajuan ekonomi daerah-daerah di Indonesia.   

Pernyataan dukungan itu disampaikan Ketua Umum APKASI Isran Noor dalam pembukaan Otonomi Expo & Forum 2012 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Kamis.

Acara ini dibuka oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono yang mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Isran, dukungan APKASI terhadap ACFTA sesungguhnya berpedoman pada gagasan Presiden Yudhoyono dalam pidato penerimaan gelar Doktor Kehormatan dari Tsinghua University, China, Maret lalu.

Ketika itu Presiden menegaskan, kemitraan strategis RI-China  sangat penting dan strategis untuk kesejahteraan dan perdamaian kedua negara. Kerangka kemitraan strategis kedua negara menaungi sekitar dua per tiga penduduk dunia, yakni 1,3 miliar penduduk China dan 240 juta penduduk Indonesia.

Bagi APKASI, perdagangan bebas ACFTA bisa dimanfaatkan untuk penggalian dan pemanfaatan potensi berbagai bidang strategis di daerah, termasuk investasi, sumber daya alam, energi, pertambangan dan kelautan.

Lebih jauh Ketua Umum APKASI yang juga Bupati Kutai Timur itu menegaskan bahwa dukungan APKASI terhadap ACFTA juga bertujuan mengoptimalkan fungsi dan peran MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) yang merupakan  rumusan penggerak roda perekonomian nasional.

Otonomi Expo & Forum 2012 diisi pula dengan panel diskusi “Refleksi 11 Tahun Otonomi Daerah” dengan pembicara antara lain penggagas otonomi daerah Prof. Dr. Ryaas Rasyid, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ir. H. Azwar Abubakar, dan Ketua Komisi II DPR-RI Agun Gunandjar Sudarsa.

Acara pembukaan Otonomi Expo & Forum juga dihadiri Menteri Perhubungan EE Mangindaan,  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Syarief Hasan, dan puluhan bupati serta sejumlah duta besar, termasuk Duta Besar Suriah, Malaysia, dan China.
(E004/A015)
               

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga