Kamis, 31 Juli 2014

Uji kelayakan komisioner OJK dimulai awal Juni

Kamis, 24 Mei 2012 14:26 WIB | 2.223 Views
Jakarta (ANTARA News) - Komisi XI DPR RI akan memanggil para calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) pada awal Juni mendatang untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

"Selasa pekan depan kita mulai RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum), kita undang Himbara, Perbanas, Perbarindo, Dewan Asuransi, YLKI, ICW, BIN dan PPATK," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Aziz di Jakarta, Kamis.

"Setelah itu baru lanjut ke Pansel (Panitia Seleksi), setelah rapat Pansel itu kita akan rapat internal lagi untuk memutuskan siapa layak untuk ikut fit and proper test. Barulah kita panggil nama-nama calon itu untuk diikutsertakan dalam fit and proper test pada awal Juni."

Ia mengungkapkan, untuk RDPU dengan Badan Intelejen Negara (BIN) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi XI akan mengadakan rapat tersebut secara tertutup.

"BIN dan PPATK minta agar rapat dilakukan secara tertutup, tapi kalau dengan yang lainnya itu rapatnya terbuka untuk umum," jelasnya.

Ditambahkannya, dalam menentukan calon yang layak atau tidak layak untuk menjadi Dewan Komisioner OJK, pihaknya telah menentukan beberapa kriteria, meski baru secara normatif.

"Kriterianya normatif saja, pertama tentu track record, kompetensi, kepemimpinan, nah itukan tentu substansinya masing-masing fraksi berbeda, tiga kriteria itu juga menjadi dasar bagi kami untuk memanggil BIN dan PPATK dalam RDPU," katantya.

Menurutnya, ke-14 nama calon dewan komisioner OJK akan disaring kembali menjadi tujuh nama atau bisa jadi dari ke-14 nama itu tidak ada yang dipilih oleh Komisi XI.

Berikut 14 daftar nama calon Dewan Komisioner OJK yang diajukan pemerintah ke DPR beberapa waktu lalu :

1. Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D. Hadad
2. Mantan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri I Wayan Agus Mertayasa
3. Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Achjar Iljas
4. Staf Ahli Menteri Keuangan Mulia Panusunan Nasution
5. Mantan Direktur Internasional Bank Indonesia Nelson Tampubolon
6. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi
7. Ketua Bapepam-LK Nurhaida
8. Dirjen Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto
9. Anggota Komisioner LPS Firdaus Djaelani
10. Pejabat eselon II Bapepam-LK Isa Rachmatarwata
11. Staf Ahli BPK Ilya Avianti
12. Ahli Akuntansi Rijani Tirtoso
13. Mantan Ketua PPATK Yunus Husein
14. Direktur Bank Indonesia Kusumaningtuti.

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga