Rabu, 22 Oktober 2014

Uhamka raih rekor MURI penulisan kanji terbanyak

| 2.437 Views
id rekor muri, penulisan huruf kanji, huruf kanji terbanyak
Jakarta (ANTARA News) - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) setelah memecahkan rekor penulisan huruf Kanji secara serentak oleh peserta terbanyak.

"Muri memberi penghargaan kepada suatu prestasi yakni yang paling, yang pertama dan yang unik," kata Manajer Muri J Ngadri yang mewakili Ketua Muri Jaya Suprana disela Acara Pelaksanaan Penulisan Huruf Kanji dan Penyerahan Penghargaan Muri di Jakarta, Kamis.

Menurut dia penulisan huruf kanji bertema "Goresan Tinta Semangat dari Negeri Sakura" yang melibatkan lebih dari ratusan pelajar ini merupakan yang pertama terjadi di Indonesia karena itu berhak mencatatkan rekornya di Muri.

Banyak yang patut dicontoh dari bangsa Jepang, dari mulai bagaimana mereka menghormati tradisi, etos kerjanya, dan lain-lain yang positif dan bisa memberi semangat kepada para mahasiswa, ujarnya.

"Muri mendorong dan ikut membantu mahasiswa dan pelajar SMA untuk mempelajari bahasa asing. Bahasa asing penting bagi pergaulan internasional di era global ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Acara tersebut Andri Al Faridzi mengatakan pihaknya yang mengkoordinasi 60 mahasiswa melibatkan lebih dari 800 pelajar SMA/MA se-Jabodetabek yang memiliki program studi Jepang untuk bersedia mengikuti acara ini.

"Mereka semangat ikut kegiatan ini," kata mahasiswa program studi bahasa Jepang semeter empat itu.

Ratusan pelajar tersebut masing-masing mendapatkan satu karton yang setiap kertas karton putih tersebut kemudian ditulis sejumlah huruf-huruf kanji bermakna tertentu.

Sementara itu, Rektor Uhamka Prof. Dr. Suyatno mengatakan bangga atas kreativitas mahasiswanya, apalagi hal itu akan meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, meningkatkan semangat kebangsaan dan meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang.

Penghargaan Muri ini, ujarnya, merupakan yang ketiga kalinya diraih Uhamka, yang pertama penulisan Skripsi berbahasa Inggris terbesar dan kepesertaan asuransi syariah terbanyak.

(D009)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga