Sabtu, 20 September 2014

Hasil UN Surabaya diumumkan "online"

Kamis, 24 Mei 2012 19:18 WIB | 15.594 Views
Hasil UN Surabaya diumumkan
Ilustrasi (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)
Surabaya (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyatakan, hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA tahun ini tidak lagi diumumkan melalui sekolah, melainkan secara "online" lewat situs resmi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2012 mulai Sabtu (26/5).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ruddy Winarko, Kamis, mengatakan, para siswa SMA kini tidak perlu lagi ke sekolah atau menunggu surat dari sekolah untuk mengetahui nilai UN.

"Mereka tidak perlu repot-repot datang ke sekolah untuk melihat hasil UN. Tapi cukup melihatnya melalui situs PPDB 2012 yang bisa diakses menggunakan koneksi internet di rumah maupun warung internet (warnet) terdekat," katanya.

Menurut Ruddy, hasil UN akan langsung diunggah ke situs PPDB begitu masing-masing sekolah menerima nilai siswanya. Hanya saja, ia belum bisa memastikan tepat pada jam berapa pengumuman hasil UN bisa dilihat karena masuknya daftar nilai UN ke situs PPDB tergantung penyerahan hasil dari Dinas Pendidikan Jawa Timur ke sekolah-sekolah.

Ruddy mengatakan, pengumuman hasil UN tersebut belum bisa dijadikan jaminan apakah siswa tersebut dinyatakan lulus atau tidak karena nilai UN bukan satu-satunya komponen penentu kelulusan.

"Tapi ada nilai ujian sekolah yang turut jadi pertimbangan penentuan lulus tidaknya seorang siswa. Biasanya kalau nilai UN di atas batas nilai minimal yang ditetapkan, siswa tersebut kemungkinan besar lulus," kata Ruddy.

Selain itu, lanjut dia, pengumuman dengan cara semacam ini bisa mencegah siswa berkonvoi untuk merayakan kelulusan.

Dispendik Jawa Timur maupun Surabaya melarang siswa berkonvoi usai pengumuman hasil UN. Meski demikian, Dinas Pendidikan Surabaya tetap bekerja sama dengan Polrestabes Surabaya serta Bakesbang Linmas dan Satpol PP Kota Surabaya guna mengantisipasi konvoi siswa.

"Nantinya pihak berwenang yang akan mengalihkan iring-iringan siswa jika mereka hendak berkonvoi di dalam kota," kata Ruddy.
(A052)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga