Minggu, 26 Oktober 2014

Bantuan hibah Australia dibagi rata ke kabupaten

| 3.746 Views
id dana hibah australia, pembangunan infrastruktur jalan, gubernur anwar adnan saleh, lima kabupaten
Bantuan hibah Australia dibagi rata ke kabupaten
Anwar Adnan Saleh (ANTARA/Aco Ahmad)
...pihak konsultan Australia sangat membutuhkan peta ini untuk menghindari terjadinya tumpang tindih pembiayaan jalan baik yang didanai pemkab, pemprov maupun pusat.
Mamuju (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, H.Anwar Adnan Saleh, menyampaikan, bantuan hibah dari pemerintah Australia akan dibagi rata ke kabupaten yang ada di wilayah itu.

"Memang tahun ini kita mendapatkan bantuan hibah Australia senilai Rp300 milyar. Dana ini akan kita salurkan secara merata ke lima kabupaten yang ada di Sulbar. Dana itu masih ada di Bappenas yang diharapkan bisa turun secepatnya," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Kamis.

Menurut gubernur, dirinya terus melakukan konsultasi dengan pihak Bappenas terkait rencana bantuan hibah yang telah direstui oleh pemerintah Australia.

"Pemerintah Australia telah menyetuji pemberian bantuan hibah ini. Hanya saja, pihak donatur meminta peta pembangunan jalan yang akan didanai dari dana hibah tersebut," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pihak konsultan Australia sangat membutuhkan peta ini untuk menghindari terjadinya tumpang tindih pembiayaan jalan baik yang didanai pemkab, pemprov maupun pusat.

"Pembiayaan infrastruktur jalan tidak boleh ada yang tumpang tindih. Jika terjadi tumpang tindih pembiayaan maka itu akan berdampak pada pelanggaran hukum," katanya.

Gubernur mengatakan, masing-masing kabupaten akan diberikan pembiayaan sebesar Rp50 milyar untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Sulbar.

Karena itu kata dia, pemerintah kabupaten melalui dinas Pekerjaan Umum untuk segera membuat peta pembangunan jalan yang paling mendesak.

"Usulkan jalan mana yang paling mendesak untuk segera dibangun. Tentunya, pertimbangan yang paling mendesak itu melihat dari aspek ekonomi masyarakat," ungkap Anwar. (ACO)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga