Jakarta (ANTARA) - Wisatawan Kepulauan Seribu memuji perubahan "wajah baru" dan fasilitas Pelabuhan Muara Angke di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pengunjung Pulau Tidung asal Depok, Jawa Barat, Devita Rizqiana mengatakan pelabuhan tersebut memiliki areal parkir yang cukup luas dan tertata rapi.

Baca juga: Warga Kampung Nelayan Muara Angke terima 100 paket bansos dari polisi

"Tadi saya lihat banyak juga wisatawannya yang menyeberang ke Kepulauan Seribu," kata Devita saat ditemui di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Minggu.

Devita juga melihat Dermaga Kaliadem sudah mulai banyak bersandar sejumlah kapal cepat selain juga terdapat pelayanan kapal tradisional.

Pada saat perjalanannya ke Pulau Tidung tadi, Devita ikut rombongan Komunitas Jakarta Maju Bersama menumpang kapal cepat yang disediakan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta di dermaga Kaliadem, Pelabuhan Muara Angke.

Namun, dia tidak bisa merinci besaran tarif yang ditawarkan pemilik kapal karena armada sudah difasilitasi Dishub DKI untuk peserta acara Jakarta Maritim Fest 2022.

Adapun wisatawan asal Bekasi, Jawa Barat Revani Maqvira mengatakan belum tahu sebelumnya jika berwisata ke Kepulauan Seribu bisa melalui dua dermaga pelabuhan yang ada di Jakarta Utara tersebut.

"Belum tahu, tahunya baru di Muara Angke. Tapi kalau tidak salah dari Ancol juga bisa," ujar Revani.

Baca juga: Dishub DKI luncurkan empat kapal baru layani Jakarta-Kepulauan Seribu
Sejumlah kendaraan parkir di depan Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (18/9/2022) ANTARA/Abdu Faisal

Senada dengan Devita, menurut Revani, Pelabuhan Muara Angke juga tampak bagus mulai dari aspek kebersihan, kerapian, serta kapal-kapal yang bersandar juga bagus dan bersih.

Ruang tunggu penumpangnya sudah berpendingin udara, selain itu ada taman dengan tanaman hijau sewaktu berjalan menuju ke dermaga.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi saat meninjau pelabuhan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (7/9) lalu, menyampaikan renovasi pelabuhan Kali Adem sangat megah dan bertaraf internasional.

Sehingga berdampak baik untuk kenyamanan warga dan para wisatawan yang akan berlibur ke pulau pulau wisata di Kepulauan Seribu setiap akhir pekan.

Junaedi mengatakan peresmian Pelabuhan Muara Angke akan dilaksanakan lebih dulu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebelum peresmian Taman Interaktif di Dermaga Utara, Pulau Tidung yang saat ini pembangunannya sudah mencapai 75 persen.

Baca juga: Polisi bantah tersangka pemerkosa di Muara Angke merupakan PNS

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022