Kamis, 31 Juli 2014

Peserta Rakernas Siwo PWI tanam 1.000 pohon

Sabtu, 26 Mei 2012 18:22 WIB | 5.557 Views
Peserta Rakernas Siwo PWI tanam 1.000 pohon
Pantai Panjang yang ditumbuhi pohon cemara laut. (ANTARA/M. Agung Rajasa)
Bengkulu, 26/5 (ANTARA) - Peserta rapat kerja nasional seksi wartawan olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Rakernas SIWO PWI) menanam 1.000 pohon cemara laut di kawasan wisata Pantai Panjang dalam pembukaan agenda nasional yang dibuka Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Sabtu.

Zulkifli Hasan mengawali penanaman secara simbolis cemara laut yang merupakan vegetasi endemik wilayah sepanjang 525 kilometer pesisir barat Bengkulu.

Ia mengatakan, pembukaan rakernas Siwo PWI yang diawali dengan penghijauan pesisir pantai itu sangat positif dan patut menjadi contoh.

"Ini sangat berbeda dengan acara-acara lainnya yang sebagian besar digelar di ruangan tertutup, tapi PWI memberi warna baru dengan melakukan pembukaan di lapangan terbuka, dan ikut berpartisipasi menghijaukan alam," katanya.

Ia mengharapkan, kerja sama antara Kementerian Kehutanan dengan PWI tetap berlanjut untuk kegiatan-kegiatan berikutnya yang memberi dampak positif pada alam sekitar.

Menurut dia, penghijauan pesisir dapat menahan laju abrasi, bahkan menjadi benteng penahan bencana tsunami.

"Terutama, tanaman mangrove yang dapat menahan laju tsunami dari 6 kilometer menjadi 600 meter, jadi menghijaukan alam sama sekali tidak sia-sia," katanya.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah, mengatakan bahwa penghijauan di kawasan wisata Pantai Panjang sepanjang 17 kilometer terus dilakukan untuk menjadikan kawasan itu sebagai kawasan wisata berbasi kelestarian alam.

"Sejalan dengan penetapan Pantai Panjang sebagai salah satu objek wisata andalan provinsi, penghijauan terus ditingkatkan di kawasan ini," katanya.

Penataan kawasan dengan mengatur para pedagang yang berjualan di lokasi wisata itu juga tengah dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Ketua PWI Cabang Bengkulu,, Sukatno mengatakan bahwa pembukaan rakernas dengan penghijauan kawasan wisata Pantai Panjang bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ketahun Bengkulu.

"Kami bekerjasama dengan BPDAS dalam penyediaan bibit cemara laut ini dan melakuan pembukaan rakernas di Pantai Panjang sekaligus mempromosikan kawasan wisata ini," katanya.

Rakernas SIWO PWI diikuti perwakilan pengurus PWI dan pengurus SIWO PWI dari 33 provinsi di Tanah Air. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga