Bogor (ANTARA News) - Sedikitnya 2.000 orang peserta meriahkan lomba lari "Sentul City Running 10K" yang digelar di kawasan Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Lomba lari "Sentul City Running 10K" digelar oleh Pemerintah daerah Kabupaten Bogor bersama melalui Pesatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan KONI bekerjasama dengan Sentul City, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-530.

"Lomba ini merupakan yang ketiga kalinya kita selenggarakan setiap memperingati HJB, tahun ini pertama kali kita gelar di Sentul City selaku tuan rumah kegiatan," kata Ketua Umum Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Bogor Ade Hasrat.

Ade menjelaskan, lomba tersebut memperebutkan hadiah dengan total uang Rp 165 juta dan berbagai doorpize.

Lomba lari 10K ini diikuti empat kelompok peserta yakni umum nasional, umum Kabupaten Bogor, pelajar nasional dan pelajar Kabupaten Bogor.

"Sistem penjuarian dan penilaian lomba lari Sentu City 10K mempergunakan standar nasional karena penjurian dan penilaian dilakukan oleh PB PASI dan Pengda PASI Jawa Barat dengan jumlah juri mencapai 150 orang," katanya.

Ketua Umum KONI Kabupaten Bogor Albert Pribadi mengatakan, kegiatan lomba ini menjadi ajang promosi daerah Bogor dan juga pencarian atlet berbakat bidang atletik.

"Lomba ini bertaraf nasional yang akan diikuti sejumlah orang. Tentunya ini akan jadi potensi pencarian atlit kita karena memang Kabupaten Bogor merupakan daerah potensi atlet," katanya.

Sementara itu Asisten Kemasyarakat Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Dadang Irfan yang juga Panitia HJB ke-530 mengharapkan kegiatan ini memotivasi munculnya pelari tingkat Kabupaten Bogor.

"Selama dua tahun berturut-turun kegiatan ini digelar di Cibinong. Pada tahun ke tiga ini kita mendapat dukungan dari Sentul City," katanya.

Pelaksanaan Sentul City 10K dimulai pukul 07.00 WIB, seluruh peserta yang jumlahnya mencapai 2.000 lebih berlari mengelilingi kawasan hunian Sentul City sejauh 10K.

(ANT)