Jumat, 19 September 2014

Kemkominfo bangun 474 desa dering

Minggu, 27 Mei 2012 15:02 WIB | 2.867 Views
Manado (ANTARA News) - Sebanyak 474 desa di Provinsi Sulawesi Utara akan menikmati fasilitas desa dering Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Di Sulawesi Utara ada delapan kabupaten/kota yang akan menikmati fasilitas desa dering," kata Agustinus T Widiatmo, pembicara dari PT Indonesia Comnets Plus, saat paparan sosialisasi kewajiban pelayanan umum (KPU) di Manado, Minggu.

Sebanyak 474 desa dering di daerah ini, kata Agustinus, tersebar di Kota Bitung sebanyak 21 lokasi, Bolaang Mongondouw sebanyak 95 lokasi, kepulauan Sangihe sebanyak satu lokasi serta Kota Manado sebanyak tujuh lokasi.

Kabupaten/kota lainnya, Kabupaten Minahasa sebanyak 57 lokasi, Kabupaten Minahasa Selatan sebanyak 74 lokasi, Kabupaten Minahasa Utara sebanyak 56 lokasi dan Kota Tomohon tiga lokasi.

Capaian pemasangan jaringan desa dering di Provinsi Sulawesi Utara yang memanfaatkan akses langsung dengan satelit, kata Agustinus, sudah 314 lokasi yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Sisanya yang masih 160 titik, kata dia, akan diselesaikan tahun ini seiring dengan pekerjaan pemasangan oleh teknisi ICON PLUS ke sejumlah lokasi.

"Salah satu kendala memasang jaringan adalah data awal desa yang sudah berubah seiring dengan terjadinya pemekaran," katanya.

Lokasi service point, jelas dia, untuk wilayah pulau Sulawesi berada di Makassar, Luwu, Palopo, Toraja, Kendari, Muna, Wakatobi, Gorontalo dan Manado.

Dia menjelaskan, selain Provinsi Sulawesi Utara, provinsi lainnya yang dibangun fasilitas desa dering adalah Provinsi Gorontalo sebanyak 184 lokasi, Sulawesi Barat 236 lokasi, Sulawesi Selatan 905 lokasi, Sulawesi Tenggara 929 lokasi dan Sulawesi Tengah 744 lokasi.

Selanjutnya, Provinsi Maluku Utara sebanyak 576 lokasi, Maluku 710 lokasi, Papua sebanyak 2.247 lokasi dan Irian Jaya Barat sebanyak 768 lokasi.

"Program desa dering ini pilihannya adalah desa terpencil atau lokasi-lokasi yang tidak bisa dijangkau dengan sinyal seluler," jelasnya.

ICON PLUS adalah anak perusahan PT PLN yang didirikan tahun 2000 bergerak di bidang telekomunikasi dan layanan komunikasi data yang bekerja sama dengan Kementerian Kominfo menyelenggarakan desa dering di wilayah Indonesia timur.
(ANT-305/Z003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga