Jumat, 31 Oktober 2014

Pimpinan Apple janji inovasi TV dan masih banyak lagi

| 6.074 Views
id apple tv, tim cook, software microsoft, produk itv, konten dari Internet
Pimpinan Apple janji inovasi TV dan masih banyak lagi
CEO Apple Steve Jobs (kiri) berdiri di depan foto dirinya bersama pendiri Apple Steve Wozniak di masa-masa awal Apple saat peluncuran komputer tablet "iPad" yang baru di San Francisco, dalam foto arsip bertanggal 27 Januari 2010 ini. Jobs mengundurkan diri dari posisi CEO Apple, seperti yang diumumkan oleh perusahaan tersebut, Rabu (24/8). Tim Cook, Chief Operating Officer Apple yang telah beberapa kali menggantikan Jobs saat ia sakit, telah diumumkan menjadi CEO yang baru, dengan Jobs sebagai ketua. ((REUTERS/Kimberly White)
Dia juga mengajariku bahwa sukacitanya terletak dalam perjalanannya."
Rancho Palos Verdes, California (ANTARA News) - Pimpinan Apple Tim Cook Selasa bersumpah bahwa kreativitas akan tetap ada di "DNA" perusahaan dan mengisyaratkan produk mendatang bisa jadi di bidang pertelevisian.

"Kami akan memperkenalkan sebuah produk bagus," kata Cook. "Saya rasa anda akan menyukainya."

Cook menolak untuk menyingkapkan detail produk yang siap dirilis oleh Cupertino, pembuat iPad, iPhone, iPod, Macintosh, dan perangkat TV Apple yang berbasis di California, lapor AFP.

Penampilan pertama akan berlangsung segera pada 11 Juni, ketika Apple memulai Konferensi para Pengembang Seluruh Dunianya di San Francisco.

"Sari jusnya sedang mengalir dan kami akan mendapatkan sesuatu yang hebat," kata Cook. "Selama bertahun-tahun Apple terfokus pada inovasi, dan ini tidak akan berubah."

Sementara menghindar dari penyebutan speknya, Cook mengatakan bahwa bisnis TV Apple merupakan "bidang yang sangat menarik bagi kami."

Apple sudah lama menyebut Apple TV -- kotak yang mengantarkan konten dari Internet ke layar televisi -- sebagai sebuah hobbi.

Apple menjual 2,8 juta perangkat TV Apple tahun lalu dan hampir sebanyak itu dalam beberapa bulan pertama tahun ini, menurut Cook.

Jasa penyimpanan data online iCloud yang baru lahir milik Apple dan hubungan dekatnya dengan studio film dan televisi yang menjual konten digital untuk ditonton di gadgetnya mungkin dapat mendukung penawaran Apple TV baru.

Bulan lalu, analis Jefferies & Company Peter Misek mencatat bahwa masa depan yang membaik dari perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan display mungkin sebagian disebabkan oleh produksi awal "iTV".

Cook berbicara tentang pelajaran yang didapat dari almarhum mitra pendiri Apple Steve Jobs, yang menyerahkan kepemimpinan kepadanya pada Agustus tahun lalu sesudah menjadi terlalu sakit untuk terus memimpin, dan tentang temuan langkahnya sendiri keluar dari bayangan pendahulunya.

"Saya belajar banyak dari Steve," kata Cook, 51, dalam wawancara dengan para penulis All Things Digital Kara Swisher dan Walter Mossberg.

"Saat dia meninggal menjadi hari yang paling menyedihkan bagi hidupku," katanya. "Namun ada sesuatu hal tahun lalu sepertinya seseorang  menjabatku dan mengatakan waktunya untuk meneruskan.

Kesedihan tergantikan dengan tekad untuk meneruskan perjalanan."

Pelajaran yang didapat dari Jobs termasuk fokus melakukan sedikit hal dengan amat bagus, menghindari hal-hal yang biasa saja, dan membuang sisanya, menurut Cook.

"Dia juga mengajariku bahwa sukacitanya terletak dalam perjalanannya," kata Cook.

Cook mengenang kepergiannya ke rumah Job untuk mendiskusikan pengambilalihan pimpinan Apple, mengatakan Jobs membicarakan tentang bagimana Disney menggelepar sesudah pendirinya yang legendaris meninggal dan keputusan-keputusan diambil berdasarkan apa yang semestinya Walt Disney lakukan.

"Jadi dia memandangiku dengan tajam dan dia memintaku untuk tidak pernah melakukan hal itu, lakukan saja apa yang benar," kata Cook.

Di bawah pengawasan Cook, Apple telah mengimplementasikan program philanthropis penyepadanan donasi yang dilakukan karyawan dan melaksanakan kampanye perbaikan kondisi kerja di pabrik-pabrik di China tempat gadgetnya dibuat.

Ketika ditanya siapa yang dia teladani, Cook mengatakan sederet orang termasuk Robert Kennedy dan Martin Luther King bersama dengan CEO Disney Robert Iger, yang duduk di dewan direksi Apple.

Membabat secara tidak langsung intipan Microsoft pada sistem operasi Windows generasi mendatang sebagai didisain untuk bekerja pada semua jenis perangkat, Cook mengatakan perangkat lunak tidak dapat menggerakkan tablet dan personal komputer tanpa pengorbanan.

"Anda tidak membuat produk terbaik ketika anda mencoba untuk berkonvergensi," kata Cook, "Jika anda memaksakannya bersama-sama saya rasa PC tidak akan sebagus yang dia bisa dan tablet tidak sebagus yang dia bisa."

Cook mengatakan Apple "memikro-menajemenkan" kontraktornya di China untuk memperbaiki kondisi kerja dan menekan waktu lembur berlebihan, yang menjadi "rumit" karena ada karyawan yang ingin mengumpulkan banyak jam untuk mendapatkan uang ekstra.

Dia menunjuk pada perang paten yang sedang dialami Apple dan perusahaan teknologi lain sebagai "sakit di pantat" namun bertahan bahwa Apple secara benar mempertahankan kreasinya.

"Apple tidak dapat mengambil seluruh energi kami dan seluruh perhatian kami dan menyelesaikan lukisan dan membiarkan orang lain menaruh namanya disana," kata Cook. (K004)

Penerjemah: B Kunto Wibisono

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga