Minggu, 21 Desember 2014

Transit Venus terakhir abad ini pada 6 Juni

| 7.615 Views
id transit venus, transit venus terakhir, transit venus 2012, gerhana venus, pola transit venus
Transit Venus terakhir abad ini pada 6 Juni
Saat transit Venus, Planet Venus akan berada di antara Matahari dan Bumi. (fotopedia.com)
Jakarta (ANTARA News) - Penduduk Bumi akan bisa menyaksikan transit Venus terakhir pada abad ini tanggal 6 Juni mendatang.

Saat itu Planet Venus akan melintasi bagian depan Matahari dan berada sejajar dengan Bumi sehingga terlihat seperti noktah hitam pada lingkaran matahari dari Bumi.

"Kasarnya, seperti matahari punya bintik berjalan. Nah, bintik berjalannya itu Venus," jelas Nurdiansah (31), anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) yang ditemui Antaranews di Planetarium, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Minggu.

Menurut Nurdiansah, warga Jakarta bisa melihat transit Venus dari observatorium atau Dak Takahashi, yang ada di Planetarium dan Observatorium Jakarta di kompleks TIM pada 6 Juni 2012 pukul 08.00 pagi hingga 11.00 siang.

HAAJ juga bekerja sama dengan situs astronomi www.langitselatan.com untuk melakukan pengamatan di Atambua, Nusa Tenggara Timur dan Ambon, Maluku.

"Untuk tanggal 6 Juni nanti kami sudah mempersiapkan lebih dari 20 teleskop, di antaranya sepuluh teleskop kecil Galileo, lima teleskop Spica, dan satu teleskop Hydrogen Alpha merek Lunt untuk para astrofotografer," kata Nurdiansah.

Transit Venus disebut peristiwa langka karena polanya berulang setiap 243 tahun sekali.

Polanya, Planet Venus berada di antara Matahari dan Bumi dengan rentang waktu delapan tahun, kemudian 121,5 tahun, lalu delapan tahun dan transit selanjutnya 105,5 tahun. Setelah itu polanya kembali berulang.  

Saat planet venus berada di antara Matahari dan Bumi dalam peristiwa transit Venus disebut peristiwa langka dalam dunia astronomi karena kejadian itu

"Terakhir kali bisa dilihat di Indonesia tahun 2004. Delapan tahun setelahnya, ya
tahun ini. Makanya ini nggak bisa dilewatkan. Langka," kata Nurdiansah.

Menurut dia, transit Venus berikutnya baru akan terjadi 105,5 tahun lagi, tepatnya tanggal 11 Desember 2117.
(feb)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca