Kamis, 23 Oktober 2014

Praktisi: layanan komputasi awan semakin berkembang

| 4.811 Views
id internet mobile, komputer awam, keamanan jaringan, praktisi, Doddy Dewayanto
Mobile cloud menjadi salah satu mesin pendapatan bagi pelaku usaha, namun ada ancaman besar yaitu masalah keamanan jaringan,
Jakarta (ANTARA News) - Layanan "cloud computing" atau komputasi awan di Indonesia semakin berkembang, bahkan sudah memasuki perangkat "mobile" sehingga dibutuhkan keamanan jaringan, kata seorang praktisi.

"Mobile cloud menjadi salah satu mesin pendapatan bagi pelaku usaha, namun ada ancaman besar yaitu masalah keamanan jaringan," kata IT Manager Primaasset Karunia Sinergi (CQ Cloud) Doddy Dewayanto dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Menurut Doddy, trafik data di Indonesia kian tinggi seiring makin banyaknya pengguna internet.

"Namun, ada bahaya yang mengancam, Indonesia berada di posisi nomor dua yang diserang Distributed Denial of Service (DDoS)," katanya.

"Cloud Computing" atau lazim disebut komputasi awan adalah pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan) di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan di komputer pengguna (client) termasuk pada desktop, komputer tablet, notebook, gadget dan lainnya.

Ia menjelaskan, serangan DDos biasanya menggunakan banyak varian mesin di mana kala satu sistem diserang tidak mengetahui sedang diserang karena dianggap yang datang adalah trafik normal.

Biasanya yang diserang adalah jaringan dan memboroskan bandwidth.

Menurut Doddy, jaminan keamanan pada dunia cloud meliputi sisi klien dan sisi server.

Jaminan keamanan pada sisi klien untuk kenyamanan dan kepastian pada kegiatan bertransaksi, sedangkan jaminan keamanan pada server untuk menjaga kelangsungan bisnis klien dan melindungi data dari kondisi yang merugikan baik fisik maupun non fisik.

Dikatakannya, dalam hal perlindungan terhadap kelangsungan bisnis klien diperlukan solusi sistem keamanan terpadu bagi penyedia layanan cloud untuk pengelolaan keamanan jaringan cloud-nya.

Sistem Medusa dari CQCloud adalah Next Generation SIEM (Security Information and Event Management) yang merupakan platform keamanan terpadu bagi penyedia cloud untuk mendukung fungsi pemantauan jaringan melalui aliran data.

Selanjutnya, fungsi deteksi dan mitigasi DDoS, fungsi pengelolaan dan analisis security event dan fungsi pelaporan dalam satu kesatuan sistem.

Solusi Medusa dari CQCloud memberikan availability, stability, dan reliability kepada partner dan pelanggan demi kelangsungan bisnis.
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga