Rabu, 3 September 2014

Aceh kampanye "Diet Kantong Plastik"

Senin, 4 Juni 2012 10:19 WIB | 5.768 Views
Aceh kampanye
Plastik yang banyak digunakan sebagai bungkus dan kantong sangat sulit terurai dalam tanah, bahan tersebut baru bisa terurai sempurna dalam waktu 100-500 tahun. (ANTARA/Eric Ireng)
Banda Aceh (ANTARA News) - Sedikitnya 150 relawan di Aceh ikut serta dalam aksi kampanye Aceh "Diet Kantong Plastik" yang ditujukan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan mencegah pencemaran lingkungan.

"Ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan menyambut hari lingkungan hidup," kata koordinator publikasi kampanye, Faisal Ilyas, di Banda Aceh, Senin.

Kegiatan Aceh "Diet Kantong Plastik" antara lain dilakukan melalui aksi penukaran 10 kantong plastik bekas dengan satu tas belanja, pembagian gambar tempel dan sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik.

Menurut Faisal, yang juga staf Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana Unsyiah, kampanye tersebut akan berlangsung hingga 10 Juni 2012.

Ia menjelaskan, kampanye dilakukan karena konsumsi plastik yang berlebihan menyebabkan penumpukan sampah plastik dalam jumlah besar karena bahan tersebut sulit terurai dalam tanah.

"Sampah kantong plastik dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara. Cara paling efektif untuk mengurangi dampak kantong plastik pada lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaannya," kata Faisal Ilyas.
(A042)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga