Amsterdam (ANTARA News) - Banyak pecinta binatang yang merasa sulit berpisah dengan peliharaannya saat mereka mati.

Begitu juga dengan kucing bernama Orville, diambil dari nama pilot Orville Wright, yang mati terlindas mobil. Pemiliknya yang seniman memutuskan untuk mengubah Orville menjadi karya seni: helikopter.

Seniman Belanda, Bart Jansen, bekerjasama dengan penerbang radio kontrol helikopter, Arjen Beltman, untuk membuat mekanisme terbang yang didesain khusus untuk dihubungkan ke kucingnya.

Hasil akhirnya, Orvillecopter, kini dipamerkan di festival seni Kunstrai di Amsterdam dimana pengunjung bisa melihat Orville terbang seperti dilansir laman Dailymail.

Jansen mengatakan, Orvillecopter adalah 'setengah kucing, setengah mesin', dan itu adalah proyek seni visual sebagai penghormatan untuk kucingnya, Orville.

Jansen, yang menjadi bagian dari Art Cooperative Generaal Pardon, mengemukakan, "Setelah berkabung beberapa lama dia menerima anumerta baling-baling,"

Dia menambahkan Orville akan segera 'terbang bersama burung-burung'.

"Oh dia sangat menyukai burung. Dia akan mendapat mesin yang lebih tangguh dan baling-baling yang lebih besar di hari ulang tahunnya. Lompatan ini akan segera berubah jadi penerbangan yang stabil," katanya.
(nan)