Selasa, 2 September 2014

Wapadai calo penerimaan siswa baru

Selasa, 5 Juni 2012 14:16 WIB | 2.995 Views
Wapadai calo penerimaan siswa baru
Ilustrasi calon siswa duduk di lapangan ketika mengantri untuk mendaftar ke SMA (ANTARA/Lucky.R)
Medan (ANTARA News) - Para orang tua diminta untuk mewaspadai calo-calo penerimaan siswa baru untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun ajaran 2012/2013, kata pengamat pendidikan di Sumatera Utara, Prof. Badaruddin.

"Masyarakat jangan sampai terpengaruh dengan berbagai bujuk rayu calo yang bisa memasukkan siswa baru ke SMA favorit di Kota Medan," katanya di Medan, Selasa.

Pendaftaran siswa baru SMA mulai dibuka pada Juni. Ia menjelaskan penerimaan siswa baru lebih didasarkan pada prestasi siswa meliputi nilai ujian dan rapor, serta hasil tes yang diselenggarakan pihak sekolah.

"Kalau ditemukan pelanggaran dalam penerimaan siswa baru itu, maka  SMA tersebut harus diberikan sanksi yang tegas atau kepala sekolahnya dicopot," ujar Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara ini.

Dia berharap seleksi PSB itu dilaksanakan dengan jujur, bersih, dan tidak ada permainan uang. Pihak sekolah juga diminta untuk tegas dan menjalankan seleksi sesuai persyaratan yang ada, dan tidak melakukan diskriminasi terhadap siswa.

"Dalam seleksi PSB tahun ini, Dinas Pendidikan Provinsi Sumut harus tetap memantau segala perkembangan yang terjadi, dan jangan sampai ada praktik jual beli bangku untuk menerima siswa baru," kata Badaruddin.***3***

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga