Jumat, 24 Oktober 2014

Jepang minta Eropa bertanggungjawab

| 3.613 Views
id krisis eropa, jepang, menteri keuangan jepang
...tetapi juga pasar merasa aman.
Tokyo (ANTARA News) - Menteri Keuangan Jepang Jun Azumi mengatakan bahwa Eropa harus bertindak "secara bertanggung jawab" untuk mengatasi krisis utang melumpuhkan yang menyayat ekonomi dunia.

"Sebagai tujuan besar adalah untuk mengatasi krisis, Eropa terutama harus bertindak dengan tepat dan bertanggung jawab," katanya kepada wartawan, hari ini di Tokyo.

Azumi berbicara pada pagi hari setelah konferensi jarak jauh darurat dengan sesama menteri keuangan dalam kelompok negara industri terkemuka G7.

Segera setelah konferensi melalui telepon pada Selasa malam, Azumi mengatakan, ia telah diberikan jaminan oleh negara Eropa bahwa mereka akan bekerja untuk memperbaiki masalah yang mencengkeram benua itu.

"(Mereka) mengatakan, mereka akan menangani masalah, termasuk masalah utang Spanyol, secara bertanggung jawab, dan saya percaya mereka," katanya, menurut Dow Jones Newswires.

Azumi mengatakan, para pemimpin politik perlu bertindak untuk meyakinkan pasar, yang telah terbukti semakin rawan, dengan para pedagang tampaknya tidak terkesan oleh apa yang banyak dilihat sebagai tindakan setengah-setengah.

"Saya bilang saya ingin mereka mengambil langkah-langkah rinci secara berurutan untuk membuat tidak hanya kita, tetapi juga pasar merasa aman," katanya.

Jepang telah menjadi terus lebih cemas atas dampak dari masalah utang di Eropa, yang merupakan pasar utama bagi ekspor yang mendorong perekonomiannya.

Ketidakpastian keuangan global ini juga mendorong pelaku pasar untuk mencari perlindungan dalam mata uang "safe haven" yen, sehingga mengirim mata uang tersebut melonjak dan selanjutnya menekan perusahaan-perusahaan yang membuat uang mereka di luar negeri.

(A026)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga