Minggu, 21 Desember 2014

Ramai-ramai menyaksikan transit Venus

| 5.422 Views
id transit venus, transit venus terakhir, transit venus 2012, gerhana venus, pola transit venus, transit venus 2004
Ramai-ramai menyaksikan transit Venus
Penyuka astronomi dari berbagai daerah datang ke Planetarium Jakarta untuk menyaksikan transit Venus. (ANTARA News/Deny Yuliansari)
Jakarta (ANTARA News) - Puluhan orang beragam usia dari berbagai daerah di Jakarta, Bogor dan Depok, ramai-ramai menyaksikan transit Venus terakhir di abad ini melalui teleskop-teleskop yang disediakan di Planetarium dan Observatorium, Jakarta, Rabu pagi.

Calley Beamish sudah berangkat dari penginapan sejak pukul 06.45 WIB untuk menyaksikan bagaimana Venus melintasi Matahari.

"Ini pengalaman sekali seumur hidup. Saya mau lihat dulu sebelum berangkat kerja," kata perempuan kelahiran Zimbabwe itu.

Calley melihat bagaimana Venus yang ukurannya tak jauh beda dengan Bumi hanya tampak seperti titik hitam kecil di piringan Matahari yang berwarna oranye.

Onny Nurrahman Marwayana yang bekerja di Pusat Riset Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga sengaja datang ke Planetarium pukul 09.00 WIB untuk menyaksikan peristiwa astronomi yang baru akan terjadi lagi tahun 2117 itu.

"Saya memang sengaja bolos kerja, habis kapan lagi bisa menyaksikan peristiwa seperti ini," katanya.

Para penyuka astronomi memanfaatkan teleskop yang disediakan Planetarium Jakarta dan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) untuk menyaksikan peristiwa astronomi yang baru akan berulang 105,5 tahun mendatang.

Dari Jakarta, Venus terlihat berada di titik maksimal transitnya pukul 08.29 WIB sampai pukul 11.49 WIB.

Tak hanya di Jakarta, para pengamat langit di berbagai belahan dunia hari ini juga menyaksikan transit Venus yang terlihat seperti kutu kecil di piring makan berwarna oranye.
(dny)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca