Selasa, 23 Desember 2014

Warga Yogyakarta segera peroleh KTP elektronik

| 2.093 Views
id ktp elektronik, kartu tanda penduduk, e-ktp
Secara fisik, e-KTP yang akan didistribusikan kepada masyarakat juga cukup baik. Cetakannya jelas dan baik
Yogyakarta (ANTARA News) - Warga Yogyakarta yang telah melakukan perekaman data kependudukan akan segera memperoleh kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, yang didistribusikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat melalui kecamatan-kecamatan.

"Kami sudah menerima kartu tanda penduduk elektronik itu pada Selasa (5/6). Pekan depan, kami akan bersiap-siap mencetak undangan untuk distribusi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Deddy Feriza di Yogyakarta, Rabu.

Jumlah kartu tanda penduduk yang sudah diterima adalah 600 untuk tiap kecamatan. Saat ini, di masing-masing kecamatan telah disiapkan alat untuk memverifikasi data kependudukan yang terekam dalam chip KTP elektronik, jelasnya.

Masyarakat yang sudah memperoleh undangan dapat langsung mendatangi kantor kecamatan untuk mengambil e-KTP dengan menyerahkan KTP lama yang masih berlaku. Pengambilan e-KTP tersebut tidak dapat diwakilkan karena ada proses verifikasi data yang harus dijalani.

Jika data yang tersimpan dalam chip e-KTP telah sesuai dengan data pemilik, maka kartu tanda penduduk itu dapat diberikan. "Seharusnya, tidak ada kesalahan data yang tersimpan di dalam chip e-KTP karena saat perekaman, seluruh data tersebut sudah dibacakan," katanya

Bagi warga yang kehilangan KTP lama, wajib membuat kartu tanda penduduk reguler terlebih dahulu untuk kemudian menukarkannya dengan e-KTP.

Pelayanan distribusi e-KTP tersebut akan dilakukan pada jam kerja dan diharapkan tidak mengganggu pelayanan lain di kantor kecamatan.

"Seluruh proses distribusi akan sangat bergantung pada bagaimana pusat mendistribusikan e-KTP ke daerah," katanya.

Sementara itu jumlah wajib KTP di Kota Yogyakarta yang telah melakukan perekaman data selama program nasional e-KTP mencapai sekitar 262.300 penduduk atau 97 persen dari target nasional 272.561 penduduk.

(E013/C004)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga