Semarang (ANTARA News) - Latihan bersama penanggulangan pencemaran laut akan digelar di perairan Laut Jawa pada 19 hingga 20 Juni 2012.

Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai, Kementerian Perhubungan, Yudustar, mengatakan pelaksanaan latihan bersama di Laut Jawa ini perlu dilakukan mengingat ancaman terhadap pencemaran laut akibat tumpahan minyak yang meningkat.

"Lalu lintas kapal tanker pengangkut minyak di Laut Jawa terus meningkat, sehingga kerawanan terjadinya kecelakaan juga meningkat," katanya, setelah bertemu Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di Semarang, Rabu.

Sekitar seribu personel dari berbagai unsur seperti Kementerian Perhubungan, TNI, Kepolisian, Kementerian Lingkungan Hidup, Pertamina, serta Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas, akan turut serta dalam latihan bersama itu.  Kemudian, sekitar 40 kapal dari sejumlah instansi akan digunakan untuk latihan tersebut.

Ia menjelaskan dalam latihan bersama itu akan dilaksanakan prosedur standar operasional kegiatan penanggulangan pencemaran. "Siapa melakukan apa, bagaimana standar keselamatannya, dan sebagainya," katanya.

Latihan bersama penanggulangan pencemaran tersebut merupakan yang ketujuh belas kalinya digelar di Indonesia, ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bibit Waluyo mengapreasiasi pelaksanaan latihan bersama tersebut. "Latihan ini tentunya akan baik untuk wilayah Semarang," katanya.

(I021)