Minggu, 21 Desember 2014

KPPU terus menyorot pelaku kartel

| 3.459 Views
id KPPU,komisi pengawas persaingan usaha,tadjuddin noer said
KPPU terus menyorot pelaku kartel
Tadjuddin Noor Said (ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada periode kedua kelembagaannya secara intensif menyoroti dan menangani industri yang terbukti melakukan praktik kartel.

Siaran pers KPPU yang diterima ANTARANews, Rabu, menyebutkan para pelaku usaha yang cenderung monopolis akhirnya bergabung yang lalu melakukan koordinasi harga, kebijakan yang tercipta akhirnya mengeksploitasi para konsumen.

Berdasarkan keterangan resmi dari KPPU, tindakan ini solah-olah menciptakan bahwa telah terjadi persaingan harga di antara para pemain industri, namun sebenarnya yang terjadi adalah sebuah kesepakatan yang mereka buat.

Tidak hanya membongkar kartel, dikutip dari rilis tersebut, selama periode 2006-2012 KPPU juga melakukan langkah-langkah penting dalam bidang hubungan kerjasama nasional dan internasional, serta melakukan langkah pengawasan dan advokasi dalam bidang merger dan akuisisi.

KPPU juga terus menerus mensosialisasikan penjelasan yang bersifat umum tentang UU No. 5 Tahun 1999, yang bersifat khusus seperti penerapan pasal 22 tentang Persekongkolan Tender. Sosialisasi tentang PP 57 Tahun 2010 tentang Merger dan Akuisisi juga masih terus disosialisasikan di berbagai kalangan.

Sosialisasi ini dilakukan guna mencegah terjadinya monopoli, kartel dan oligopoli yang dapat merugikan banyak pengusaha kecil dan masyarakat.
(M048)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga