Tokyo (ANTARA News) - Yuko Oshima (23) terpilih menjadi anggota terfavorit dari grup idol populer Jepang, AKB48.

Pemilihan yng diadakan pada Rabu malam itu merupakan pemilihan keempat untuk memutuskan siapa anggota terbaik.

Seperti dilansir laman Japan Today, Oshima tahun lalu menempati peringkat kedua di bawah Atsuko Maeda yang tahun ini mengumumkan kelulusannya dari grup.

Oshima unggul dari Mayu Watanabe (18) dan Yuki Kashiwagi (20) yang menempati posisi dua dan tiga. Dengan berurai airmata, Oshima menerima penghargaan itu di hadapan penonton yang memenuhi Budokan.

Pemilihan untuk AKB48 adalah acara tahunan terbesar di dunia musik dan hiburan Jepang.

Di acara itu  para penggemar bisa membeli CD --yang hanya dijual di Jepang-- dan menyumbang voting untuk anggota AKB48 favoritnya.

Setiap tahun lebih dari sejuta voting terkumpul. Media di Jepang serta perhatian publik pada acara ini sama antusiasnya seperti menghadapi pemilihan umum di dunia politik.

Tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya, para penggemar dari seluruh penjuru dunia bisa menyumbang voting lewat Google+. Dengan ini, para penggemar dari luar Jepang pun bisa mengirimkan dukungannya pada anggota yang mereka sukai.

Akhir 2011, untuk pertama kalinya AKB48 membentuk sister group di kancah internasional, yaitu JKT48 di Indonesia. Di Jepang, AKB48 sebelumnya sudah punya sister group di kota lain, yaitu SKE48, SDN48, dan NMB48. (nan)