Jakarta (ANTARA News) - Sebagai persiapan menjadi Ketua Audit Lingkungan BPK se-dunia, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan mengembangkan audit lingkungan hidup guna meningkatkan kualitas dan kuantitas objek pemeriksaan yang berkaitan dengan ekologi bumi.

Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa, seperti dikutip dari situs resmi BPK RI, Kamis, menjelaskan bahwa selain pemeriksaan keuangan, BPK RI juga melakukan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu yang berperspektif lingkungan.

Menurut dia, pemeriksaan berperspektif lingkungan meliputi pemeriksaan atas manajemen kehutanan, pemberian ijin penggunaan kawasan hutan untuk kegiatan non-kehutanan, misalnya untuk lahan kelapa sawit dan pertambangan, serta pemeriksaan lahan yang berakibat tumpang tindih peruntukannya.

Ali Masykur Musa mengatakan pada 2013-2016, BPK akan menjadi ketua Working Group on Environmental Audit (WGEA), yaitu kelompok kerja yang beranggotakan BPK se-dunia untuk meningkatkan pemeriksaan yang berperspektif lingkungan.

Hal tersebut akan membawa konsekuensi perlunya penataan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia yang lebih baik.
(T.B008/S004)