Rabu, 30 Juli 2014

Kapal pengangkut minyak sawit tenggelam di Kapuas

Kamis, 7 Juni 2012 15:44 WIB | 6.267 Views
Pontianak (ANTARA News) - Sebuah kapal motor milik PT Sahabat Kapuas yang mengangkut 20 ton minyak sawit mentah tenggelam di Sungai Kapuas, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, pada Kamis.

"Pada saat KM PT Sahabat Kapuas akan merapat ke dermaga kami, tiba-tiba kapal itu miring dan tidak lama kemudian tenggelam sehingga minyak sawit yang dibawanya meluber ke Sungai Kapuas," kata Kepala Bagian Operasional PT Cahaya Kalbar, Safei, yang memesan CPO tersebut di Pontianak.

Ia menjelaskan pula bahwa perusahaannya sudah berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak dan instansi terkait untuk menangani dampak tumpahan minyak sawit di sungai.

"Agar minyak yang tumpah tidak mencemari Sungai Kapuas, kami beserta petugas Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak, dan instansi terkait sudah mengepungnya dengan pelampung. Harapannya minyak sawit itu tidak menyebar kemana-kemana," ungkap Safei.

Perusahaan, kata dia, juga meminta warga sekitar membantu pengangkatan tumpahan minyak kelapa sawit di sungai dan akan membayar Rp100 ribu untuk satu drum CPO ukuran 200 liter yang berhasil dipungut warga.

Safei juga mewakili PT Cahaya Kalbar meminta maaf pada masyarakat di sekitar Sungai Kapuas karena kejadian itu membuat wilayah sungai mereka jadi tercemar minyak.
(A057/

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga